Dr Hj Eko Suwarni SH MH Sambangi Pemudik Warga Klaten, Pada Acara Mudik Gratis di TMII

Biro JakartaRedaksi - Jumat | 12 April 2024 | WIB
Dr Hj Eko Suwarni SH MH Sambangi Pemudik Warga Klaten, Pada Acara Mudik Gratis di TMII
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Dr Hj Eko Suwarni SH MH Sambangi Pemudik Warga Klaten, Pada Acara Mudik Gratis di TMII

Mudik gratis Lebaran 2024 telah meringankan beban Warga Klaten perantauan, yang boro ke Jabodetabek, dan pada Mudik Gratis bersama Gubernur Jateng 2024 tahun ini, Perantau Klaten yang tergabung dalam Paguyuban Warga Klaten, tersebut mendapat dukungan 12 Armada Bus, kuota mudik gratis itu terutama dari Jakarta tersebut sudah penuh.

Ketua Paguyuban Warga Klaten, Supriyanto atau yang biasa disapa Apriyanto mengaku bersyukur warga perantauan asal Klaten kini mendapat dukungan bus mudik dan balik ke Jakarta.

Kuota mudik gratis diperuntukkan warga kurang mampu, pekerja informal, seperti Tukang Kayu, Pedagang Pasar serta buruh. Bus tersebut 10 bus dari Pemprov Jateng, Pemda kabupaten Klaten, ditambah satu bus dari Prof Paiman (Wamendes) serta 1 bus dari Paguyuban Warga Klaten, sehingga total ada 12 bus.

Total kapasitas angkutan mudik gratis Lebaran dengan 12 unit bus, Masing-masing bus yang disiapkan berkapasitas sekitar 48 orang.

Apriyanto mengatakan angkutan arus balik gratis itu diberangkatkan dari asrama haji Donohudan Boyolali ke Jakarta, jadi jumlah bus yang diberangkatkan untuk menjemput pemudik dalam program mudik gratis pada Lebaran tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun 2023 lalu, tegasnya.

Pemerintah Daerah kabupaten Klaten yang diwakili bapak Sapto (Dishub Klaten) juga mengaku bersyukur tahun ini Pemda kabupaten Klaten juga kembali memulangkan warga perantauan asal Klaten, sehingga bantuan 10 bus ini diharapkan dapat membantu masyarakat Klaten.

Dishub akan mengawal bus sepanjang perjalanan dari TMII sampai di Klaten, dan setiba di Klaten akan disambut Ibu Bupati Klaten, ungkapnya.

Disela acara pelepasan Mudik Gratis Bersama Gubernur Jateng 2024, tokoh masyarakat Jawa Tengah, yang juga Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah, Dr Hj Eko Suwarni SH MH juga mengapresiasi seluruh panitia mudik gratis yang telah bekerja keras, hingga kegiatan mudik gratis bisa berlangsung dengan baik.

Mudik gratis dengan armada bus serta kereta api tahun ini merupakan upaya yang baik, sehingga pemudik tidak lagi menggunakan sepeda motor, namun bisa bertemu dengan keluarga di Klaten dengan aman dan nyaman, dan jika pada Pilkada, pemilihan gubernur Jawa Tengah pada November 2024 mendatang, dirinya diberikan amanah oleh warga Jawa Tengah, maka mudik gratis akan ditingkatkan jumlah armadanya, tegas Hj Eko Suwarni. yang juga penasehat perhimpunan Pemerintah Desa Se-Indonesia tersebut. (Pry)