x

PERNUSA NEWS

FOKUS BISNIS

Senin, 30 Oktober 2023 - 15:30:51

Tim Kesehatan Pandawa Kostrad Cegah Penyakit Berbahaya Bersama Puskesmas Mumugu

Reporter: Nurul K | Dibaca: 120 | PernusaNews.com
Foto : Istimewa [PernusaNews/Redaksi]


Tim Kesehatan Pandawa Kostrad Cegah Penyakit Berbahaya Bersama Puskesmas Mumugu

Jakarta. Tak hanya menjaga stabilitas keamanan, Satgas Mobile Yonif 411/Pandawa Kostrad bersama Puskesmas Mumugu berikan perlindungan extra untuk kesehatan masyarakat Papua.

Kali ini para ahli kesehatan tersebut menyelenggarakan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dan imunisasi pada kelompok wanitu subur yang diselenggarakan di Kampung Agani, Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga.

Hal itu disampaikan Danstagas Mobile Yonif 411/Pandawa Kostrad Letkol Inf Subandi, S.E.,M.M., dalam rilis tertulisnya di Pos Kotis Distrik Keneyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Minggu,(29/10/2023).

Dansatgas menerangkan kegiatan tersebut bekerjasama antara pasukan Pandawa dari Pos Kout Batas Batu bersama Puskesmas Mumugu dalam memberikan pelayanan kesehatan guna mencegah penyakit pada masyarakat Kampung Agani.

Lanjutnya, kegiatan imunisasi lanjutan tersebut dilaksanakan guna mencegah berbagai penyakit berbahaya diantaranya campak, rubella, difteri dan tetanus.

“Berkolaborasi dan bersinergi dengan petugas kesehatan akan terus kami laksanakan sebagai upaya menjamin kesehatan masyarakat. Semoga kegiatan yang baik ini dapat memberikan dampak yang positif bagi kesehatan masyarakat,” ucap Bang Alex.

BIAS sendiri adalah salah satu bentuk kegiatan operasional dari imunisasi lanjutan pada anak sekolah yang dilaksanakan pada bulan tertentu setiap tahunnya dengan sasaran seluruh anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) kelas 1, 2, dan 5 di seluruh Indonesia.

Sedangkan imunisasi pada kelompok wanita usia subur bertujuan untuk mencagah penyakit tetanus. Jenis imunisasi yang diberikan diantaranya :
1. Measles dan rubella
2. Difteri, Tetanus dan Pertusis
3. Human Papillona Virus.

Monika Sehjatri Rano Amd Keb., petugas kesehatan Puskesmas Mumugu mengatakan, Puskesmas Mumugu memiliki sinergi yang solid dengan Pos Kout Batas Batu dalam melayani kesehatan masyarakat selama ini, salah satunya adalah kegiatan yang digelar bersama untuk mensukseskan program BIAS ini. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Hendhi Yustian Danang Suta, S.I.P.

NASIONAL·POLITIK·HUKUM· MEGAPOLITAN·DAERAH·EKONOMI· OLAH RAGA·HIBURAN·LIFESTYLE·