Melalui Komunikasi Sosial, Kodim 0901/Samarinda Wujudkan Sinergitas Aparat Pemerintah Kota Samarinda

Biro JakartaRedaksi - Jumat | 26 Mei 2023 | WIB
Melalui Komunikasi Sosial, Kodim 0901/Samarinda Wujudkan Sinergitas Aparat Pemerintah Kota Samarinda
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Melalui Komunikasi Sosial, Kodim 0901/Samarinda Wujudkan Sinergitas Aparat Pemerintah Kota Samarinda.

Samarinda - Kodim 0901/Samarinda menggelar kegiatan Komunukasi Sosial (Komsos) dengan Aparat Pemerintah dengan tema “Transformasi Digital Ciptakan Aparat Pemerintah Unggul”, bertempat di Aula Makodim 0901/Samarinda, Jalan Gajah Mada No. 13 Kelurahan Bugis Kecamatan Samarinda Kota, Kota Samarinda. Kamis (25/5/23)

Dalam sambutannya, Dandim 0901/Samarinda Kolonel Eko Supri Setiawan, S.Sos., M.Han mengucapkan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran para Aparat Pemerintah yang berkenan hadir dalam kegiatan komsos ini.


Tujuan dari kegiatan ini adalah Terjalinnya kerja sama yang semakin erat antara TNI AD dengan Aparat Pemerintah dalam mendukung kebijakan-kebijakan Pimpinan TNI AD Tahun 2023 di bidang Teritorial, Meningkatkan pemahaman Aparat Pemerintah untuk membentuk Aparat Pemerintah adatif di Era transformasi Digital dan Tercapainya Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang Pemerintahan.


Pada abad ke-21, teknologi informasi dan komunikasi mulai berkembang pesat dan menjadi pilar penting dalam dunia internasional, perkembangan teknologi informasi terutama internet menjadi kebutuhan dasar yang dapat mempengaruhi perubahan aktifitas dalam masyarakat internasional, transformasi tersebut di dorong oleh globalisasi teknologi yang menyebar luas dan mempengaruhi sendi kehidupan bernegara.
Transformasi digital merupakan sebuah proses dengan mengadopsi teknologi digital untuk mengubah proses yang ada sehingga menciptakan hal atau cara baru, dengan kata lain transformasi merupakan perubahan digital yang melibatkan sumber daya manusia, proses, strategi, struktur, melalui adopsi teknologi untuk meningkatkan kinerja.
Tugas pokok TNI AD adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Dalam Sistem Pertahanan Rakyat Semesta TNI AD merupakan komponen inti, didukung oleh Komponen Masyarakat sebagai komponen pendukung dan cadangan, untuk mempersiapkan komponen pendukung dan cadangan tersebut secara dini dilaksanakan melalui pembinaan teritorial dengan metoda pembinaan pertahanan wilayah.

Komsos ini merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis dan saling memberi informasi terkait situasi yang terjadi di wilayah Kota Samarinda.

Pendim 0901/Samarinda