PKM Trisakti School of Management Tingkatkan Kemampuan Pengurus OSIS SMK Tunas Karya

Nurul KRedaksi - Jumat | 08 Oktober 2021 | WIB
PKM Trisakti School of Management Tingkatkan Kemampuan Pengurus OSIS SMK Tunas Karya
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

PKM Trisakti School of Management Tingkatkan Kemampuan Pengurus OSIS SMK Tunas Karya

Pengurus OSIS SMK Tunas Karya Pangkal Pinang sebagai peserta didik yang dipilih berdasarkan prestasi, dan keaktifan peserta didik di lingkungan sekolah, untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan siswa yang sesuai dengan visi-misi di SMK Tunas Karya, pada Rabu, 6 Oktober 2021 mengikuti kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti atau yang lebih dikenal dengan Trisakti School of Management (TSM), dan kegiatan tersebut di gelar secara Daring dengan fasilitas Meeting Zoom.

Pembekalan Ketrampilan berorganisasi yang diikuti Siswa SMK Tunas Karya Pangkal Pinang, antara lain penyusunan proposal kegiatan yang dapat merepresentasikan profesionalisme mereka, dalam menjalankan perannya masing - masing bidang Kepengurusan. Dan narasumber yang di hadirkan diantaranya, Ibu Erika J.A., S.E., M.M., CRP., CPF., CFP., didampingi oleh Ketua Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) TSM Bapak Dr. Klemens Wedanaji Prasastyo, S.E., M.M., dan Sekretaris Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) TSM Bapak Nuno Sutrisno, S.E., M.M., CRP, CMA.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diselenggarakan dalam bentuk pelatihan untuk dapat meningkatkan kemampuan para siswa menulis proposal berbagai kegiatan yang akan mereka selenggarakan sepanjang periode kepengurusan mereka di OSIS, baik kegiatan yang terkait dengan bidang ilmu yang mereka pelajari, bidang kesenian, olah raga, kerohanian, maupun bidang yang lainnya. Proposal adalah salah satu bentuk komunikasi non verbal atau tertulis yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari satu pihak kepada pihak lainnya. Agar pesan dapat diterima dan dipahami dengan baik, maka dokumen resmi ini harus disajikan dalam format yang lengkap, menarik dan informatif. Materi yang disampaikan dalam pelatihan kepada siswa/i SMK Tunas Karya ini mencakup format penulisan dan isi proposal serta anggaran yang diperlukan, juga informasi yang perlu dimasukkan untuk menarik pihak eksternal (individu maupun perusahaan) turut berpartisipasi dalam kegiatan ini melalui dana yang mereka berikan atau liputan yang mereka lakukan atas kegiatan siswa untuk dapat dimuat dalam berbagai media.

Hal teknis terkait tampilan proposal, pemilihan jenis dan warna kertas untuk mencetak proposal, informasi tertulis dalam proposal yang disesuaikan dengan calon sponsor yang dituju, sampai dengan kebijakan calon sponsor dalam memberikan dukungan mereka pun dibahas dalam kegiatan pelatihan ini. Peserta yang terdiri atas siswa - siswi calon pengurus OSIS ini mengikuti kegiatan dengan antusias, terlihat dari interaksi mereka dalam menanyakan hal - hal terkait penyusunan proposal. Guru - guru pendamping yang turut serta selama kegiatan ini berlangsung, antara lain Ibu Paulina Riardi dan ibu Marieta Efrianti Lumban Gaol, M.Pd pun menunjukkan atensi yang sama.

Hal yang turut dibahas dalam pelatihan ini adalah penyusunan laporan pertanggungjawaban (LPJ) kegiatan. Narasumber menyampaikan materi ini dalam bentuk presentasi power point yang menarik sehingga peserta dapat melihat secara langsung contoh format penulisan LPJ, realisasi anggaran  yang harus disajikan dalam tabel yang dapat dipahami dengan mudah, serta pencantuman bukti penerimaan dan pengeluaran kas, juga bukti kegiatan secara rinci yang harus dilampirkan.

Ibu Lidwina Cen, Wakil Kepala Sekolah SMK Tunas Karya yang turut serta mendampingi para siswa selama kegiatan ini berlangsung menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada TSM atas kesempatan serta pengalaman yang diberikan kepada peserta pelatihan dan berharap agar materi yang telah disampaikan dalam kesempatan ini dapat diterapkan oleh para siswa pada saat mereka menjadi pengurus OSIS dalam waktu dekat ini, dan kegiatan yang mereka lakukan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Selain pelatihan kepada siswa, beliau pun berharap agar TSM, dalam hal ini adalah P3M TSM dapat memberikan pelatihan lain dengan topik berbeda kepada para guru. Hal ini disambut baik oleh Ketua Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) TSM, Bapak Dr. Klemens Wedanaji Prasastyo, S.E., M.M., yang menawarkan kerjasama pelatihan kepada guru dan siswa dalam bidang Akuntansi dan Manajemen, seperti pelatihan penggunaan software Akuntansi yang saat ini sangat banyak digunakan perusahaan - perusahaan bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di negara lain. Pelatihan ini akan memperkaya keterampilan guru dan siswa, sehingga dapat memberikan nilai tambah kepada mereka.(Red)