Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management Kenalkan Program Accurate Di SMA Candra Naya

Nurul KRedaksi - Kamis | 09 September 2021 | WIB
Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management Kenalkan Program Accurate Di SMA Candra Naya
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management Kenalkan Program Accurate Di SMA Candra Naya

Diawal Semester Ganjil 2021/2022, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti atau yang lebih dikenal dengan Trisakti School of Management (TSM) kembali mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai bentuk komitmen TSM dalam turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan PKM yang diadakan pada tanggal Rabu, 8 September 2021 ini dilakukan di SMA Candra Naya Jakarta Barat dengan mengangkat tema "Pelatihan Komputer Akuntansi Menggunakan Program Accurate bagi Guru dan Siswa SMA Candra Naya".

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kemapuan dan pengetahuan Guru khususnya siswa/i SMA Candra Naya mengenai penggunaan Program Accurate dalam siklus pencatatan dan pelaporan akuntansi didalam sebuah perusahaan.

Abdimas yang dikemas dalam bentuk pelatihan ini, melibatkan dua dosen TSM sebagai narasumber dan beberapa mahsiswa sebagai team support. Dua dosen yang bertindak sebagai narasumber yang dilibatkan dalam kegiatan PKM kali ini adalah Ibu Ita Trisnawati, S.E., M.Ak. dan Ibu Debora, S.E., M.Ak.

Dalam pemaparannya para narasumber terlebih dahulu memaparkan bagaimana aktivitas dalam proses akuntansi, siklus akuntansi, porse pencatatan mulai dari jurnal, buku besar, neraca saldo sampai dengan jurnal penutup.

Setelah memberikan penjelasan awal aktivitas dalam proses akuntansi, kemudian dilanjukan dengan bagaimana aktivitas akuntansi dilakukan menggunakan program accurate, sehingga pencatatan aktivitas dan laporan akuntansi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

Pemaparan penggunaan program accurate dimulai dengan membimbing para peserta pelatihan untuk bagaimana menginstall program tersebut, kemudian dilanjutkan mengexplore dan menjelaskan isi dari tampilan awal dalam program accurate. Setelah penjelasan isi dari program accurate, kemudian dilanjutkan dengan prakatek bagaimana aktivitas akuntasi dilakukan dengan mengguanakan program accurate seperti bagaimana pencatatan dan penghitungan inventory, sales dan purchase yang kemudian ditampilkan dalam sebuah jurnal laporan dengan mengguankan salah satu kasus perusahaan jasa, Pelatihan ini melibatkan siswa/i kelas XII dan para gura pengajar akuntasi.

Lenni Banjarnahor, SPd, Salah satu guru akuntasi yang terlibat pelatihan, menyampaikan terimaksaih atas kegitan PKM ini, karena beliau merasa banyak mendapatkan pengetahuan dan pencerahan terkait pengguaan program accurate dalam pencatatan akuntasi ini. Dan merasa bahwa pelatihan ini sangat penting khususnya bagi siswa/i SMA Chandra Naya, karena dengan pelatihan ini akan lebih menyiapkan para siswa/i untuk lebih paham penerapan akuntansi didunia kerja, yang pada akhirnya diharapkan pelatihan ini dapat memberi bekal untuk lebih menyiapkan para siswa/i yang ingin bekerja setelah lulus sekolah.

Dalam akhir penyampaiannya Ibu Lenni berharap ada lanjutan pelatihan ini diwaktu mendatang untuk lebih menuntaskan pemahaman mengenai pengguanaan program accurate dalam aktivitas akuntansi di perusahaan.

Sementara Ketua dan Sekretaris Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) TSM Bapak Dr. Kelemen Wedanaji dan Bapak Nuno Sutrisno, S.E., M.M., CRP, CMA. Juga mengaku, menyambut baik harapan dari Ibu Lenny terkait kelanjutan pelatihan program accurate ini, bahkan P3M membuka kesempatan dan berharap kegiatan PKM ini dapat dilakukan secara berkala dan diikat dalam sebuah kerjasama antara TSM dan SMA Candra Naya, sehigga menjadi program rutin tahunan, harapnya. (Nrl)