TSM Gelar Pengabdian Masyarakat, Dengan Pelatihan Komputer Akuntansi Menggunakan software Accurate

Nurul KRedaksi - Rabu | 08 September 2021 | WIB
TSM Gelar Pengabdian Masyarakat, Dengan Pelatihan Komputer Akuntansi Menggunakan software Accurate
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

TSM Gelar Pengabdian Masyarakat, Dengan Pelatihan Komputer Akuntansi Menggunakan software Accurate Bagi Guru dan Siswa

Pandemi Covid 19 yang masih melanda Indonesia, khususnya di Ibu Kota Jakarta, namun tidak menyurutkan semangat dari para Dosen Trisakti School of Management atau yang dikenal dengan TSM untuk tetap melakukan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam hal Pengabdian kepada Masyarakat. Dan pada Selasa, 7 September 2021 bertempat di SMK Pelita IV Jakarta Barat, digelar kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan komputer akuntansi menggunakan software Accurate bagi para guru dan siswa, dilakukan secara daring.

Pelatihan yang diikuti oleh 75 siswa beserta 2 orang guru tersebut, dilakukan secara daring selama dua jam dan disampaikan oleh dua orang dosen TSM yaitu Ibu Debora, S.E., M.Ak. dan Ibu Novia Wijaya,S.E.,M.Si. Penyampaian materi dikombinasikan antara teori akuntansi dan praktek pencatatan serta pelaporannya menggunakan software Accurate. Tujuan utama pelatihan ini adalah pemahaman siswa secara holistik dalam praktek akuntansi melalui software accurate, sehingga program pelatihan ini terbagi menjadi beberapa sesi dalam satu semester.

Kepala P3M Trisakti School of Management, Dr. Klemens W.P, SE.,MM mengungkapkan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari para peserta didik khususnya siswa SMK Pelita IV tentang akuntansi berbasis komputer. TSM sendiri telah bekerja sama dengan Accurate untuk melakukan pelatihan kepada para siswa SMA/SMK sederajat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang komputer akuntansi.

Dalam sambutan pihak sekolah yang diwakili oleh Ibu Denti Silalahi, S.Pd mengungkapkan, akan pentingnya program pelatihan ini bagi para peserta didik, selain untuk meningkatkan kemampuan akademis mereka namun juga memberikan gambaran mengenai praktek akuntansi berbasis komputer. yang nantinya akan banyak dilakukan oleh para lulusan SMK dalam bekerja.

Pihak sekolah menyambut baik kerjasama dengan TSM ini dan berharap agar pelatihan akuntansi berbasis komputer menggunakan software Accurate ini dapat terus dilakukan dengan berbagai ragam materi yang lebih kompleks, harapnya.

Kedepannya pihak TSM maupun SMK Pelita IV berkomitmen untuk melanjutkan kerjasama pelatihan tidak hanya dalam bentuk komputer akuntansi melainkan juuga Perpajakan, Kewirausahaan, dan Pasar Modal. TSM sendiri sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi tetap berkomitmen untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat khususnya pelajar SMA/SMK sederajat di daerah Jakarta dan sekitarnya.(Nrl)