Sopsal Mabesal Sosialisasikan Batas Wilayah Maritim RI di Lantamal XIIP

Nurul KRedaksi - Kamis | 11 Juli 2024 | WIB
Sopsal Mabesal Sosialisasikan Batas Wilayah Maritim RI di Lantamal XIIP
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Sopsal Mabesal Sosialisasikan Batas Wilayah Maritim RI di Lantamal XII

Pontianak, TNI AL- Tim Staf Operasi TNI Angkatan Laut (Sopsal) Mabesal yang di ketuai Paban IV Sopsal Kolonel Marinir I Wayan Sumariana, Sosialisasi Batas Wilayah Maritim RI dengan Negara Tetangga kepada prajurit Lantamal XII di Gedung Malahayati Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XII Jl.Komodor Yos Sudarso No. 1 Kota Pontianak Kalimantan Barat, Kamis (11/07/2024).

Dalam sambutan Asisten Operasi Kasal Laksda TNI Yayan Sofian yang dibacakan Paban IV Sopsal Kolonel Marinir I Wayan Sumariana, menyampaikan bahwa Indonesia memiliki perairan yang berbatasan langsung dengan 10 negara tetangga dengan masalah batas maritim yang sangat kompleks dan dinamis.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan pengetahuan dan pemahaman kepada para peserta tentang batas wilayah maritim RI dengan negara tetangga dengan harapan dapat menjadi bekal bagi prajurit TNI Angkatan Laut dalam mendukung pelaksanaan tugas operasi di laut secara optimal, tidak ada keraguan dalam mengambil keputusan dan tindakan dalam menghadapi dinamika situasi di daerah tugas, serta dapat mencegah terjadinya pelanggaran hukum yang dilakukan oleh prajurit TNI Angkatan Laut.

Sedangkan Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Avianto Rooswirawan, melalui Asops Danlantamal XII menyampaikan bahwa batas wilayah maritim dengan negara tetangga masih belum tuntas sehingga berdampak pada pelanggaran wilayah khususnya oleh para nelayan baik dari Indonesia maupun negara tetangga.

Sosialisasi Batas Wilayah Maritim RI dengan Negara Tetangga ini sangat penting sebagai pencerahan dan diharapkan dapat menyamakan persepsi serta tindakan yang diambil oleh unsur pelaksana di lapangan yang beroperasi atau patroli di perairan perbatasan NKRI.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dansatrol, para Dan Kal, Danposal serta prajurit Lantamal XII.( Dispen Lantamal XII )