Demi Hasilkan SDM yang Kompeten, GABPEKNAS Kota Siantar & Kabupaten Simalungun Gelar Musyawarah Daer

Biro JakartaRedaksi - Kamis | 11 Juli 2024 | WIB
Demi Hasilkan SDM yang Kompeten, GABPEKNAS Kota Siantar & Kabupaten Simalungun Gelar Musyawarah Daer
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Demi Hasilkan SDM yang Kompeten, GABPEKNAS Kota Siantar & Kabupaten Simalungun Gelar Musyawarah Daerah

Kota Siantar, Kabupaten Simalungun,
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gabungan Perusahaan Kontraktor Nasional (GABPEKNAS) Kota Siantar mengadakan Musyawarah Daerah (Musda) dan Fokus Grup Diskusi (FGD) dengan tema "Sinergi Asosiasi Badan Usaha, Pemerintah, dan Universitas dalam Pemenuhan Kebutuhan Akses Tenaga Kerja di Sumatera Utara". Acara tersebut dilaksanakan di Batavia Hotel, Kota Siantar, Kabupaten Simalungun, dan dihadiri oleh berbagai perwakilan penting dari pemerintah daerah serta asosiasi kontraktor.

Acara ini dibuka dengan laporan dari Ketua Panitia, Bobby Tambunan, yang menguraikan pentingnya sinergi antara badan usaha, pemerintah, dan universitas dalam menciptakan tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing di Sumatera Utara.

Bupati Kabupaten Simalungun yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Simalungun, Bpk. Ir. Ramadhani Purba, memberikan sambutan yang menekankan pentingnya kerjasama antara sektor publik dan swasta dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Walikota Pemerintah Kota Siantar yang diwakili oleh Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Kota Siantar, Bpk. Robert Sitanggang, S.STP, juga menyampaikan pandangannya tentang pentingnya peningkatan kapabilitas tenaga kerja lokal agar dapat bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Ketua DPP GABPEKNAS yang diwakili oleh Sekjen DPP GABPEKNAS, Bpk. Mulyadi Guntur. Dalam sambutannya, beliau menggarisbawahi komitmen GABPEKNAS untuk membantu anggota dalam proses sertifikasi dan meningkatkan kapabilitas badan usaha konstruksi di Sumatera Utara.

Tujuan utama diselenggarakannya Musda dan FGD ini adalah untuk menciptakan sumber daya yang kompeten guna memberikan kemudahan dan membantu anggota dalam proses sertifikasi, serta meningkatkan kapabilitas anggota badan usaha konstruksi. Dengan demikian, diharapkan kegiatan ini dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pengembangan industri konstruksi di Sumatera Utara.

Acara ini juga merupakan wadah bagi para peserta untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai tantangan dan peluang yang ada di sektor konstruksi, serta mencari solusi bersama untuk mengatasi berbagai kendala yang dihadapi.

Musda dan FGD GABPEKNAS Kota Siantar ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam memperkuat sinergi antara badan usaha, pemerintah, dan universitas dalam upaya meningkatkan kualitas dan akses tenaga kerja di Sumatera Utara. (Red)