Kodim 0901/Samarinda Terima Kunjungan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat

Biro JakartaRedaksi - Rabu | 10 Juli 2024 | WIB
Kodim 0901/Samarinda Terima Kunjungan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Kodim 0901/Samarinda Terima Kunjungan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat

Samarinda, Prajurit jajaran Kodim 0901/Samarinda terima kunjungan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (DANPUSTERAD) Letjen TNI Mochamad Syafei Kasno,S.H.,M.H beserta Tim Asistensi Teknis (ASNIS) Penyelenggaraan Bakti TNI Ta. 2024, bertempat di Aula Wira Yudha Makorem 091/ASN, Jl. Gajah Mada Kota Samarinda, Rabu (10/07/24).

Di dampingi oleh Danrem 091/ASN Brigjen TNI Anggara Sitompul, S.I.P., M.Si., Dandim 0901/SMD Kolonel Inf Yusub Dody Sandra, S.I.P.,M.I.Pol, Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Priyanto Eko Widodo S.I.P dan para Kasi Kasrem 091/ASN Kunjungan kerja Danpusterad dan Asnis Penyelenggaraan Bhakti TNI di Wilayah Kodim 0901/Smd ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada prajurit tentang fungsi “TERIRORIAL” yang selama ini kita laksanakan dalam kehidupan sehari hari,khususnya para Babinsa yang bertugas di wilayahnya.

Dalam sambutan Danpusterad, Letjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H.,M.H, mengatakan “Kegiatan utama Binter merupakan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan yg bertujuan menjaga kedaulatan bangsa dan negara kita, sebagai prajurit teritorial kita harus mampu menerapkan Binter (Pembinaan Teritorial) yg baik, binter hanya di miliki oleh Negara Indonesia di seluruh dunia, yang merupakan perjalanan panjang perjuangan bangsa kita sampai kita merdeka”.

“Teritorial juga merupakan bagian dari Intelijen, Kegiatan utama Binter mengasah kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan yang bertujuan untuk menjaga kedaulatan bangsa dan negara kita, “Kita Harus Mampu, Menguasai dan Menerapkan Binter yg baik” tutur Perwira Tinggi bintang 3 itu.

Dalam sambutannya Dandim 0901/Samarinda Kolonel Inf Yusub Dody Sandra, S.I.P.,M.I.Pol mengatakan “Pembinaan Teritorial merupakan fungsi utama dan sebagai sarana yang efektif dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara guna memelihara, mempererat dan meningkatkan hubungan kerjasama antara TNI AD dengan segenap komponen bangsa”.

Sebagai aparat teritorial khusunya Babinsa merupakan ujung tombak TNI AD, Oleh karena itu kita harus bisa mencintai dan dicintai rakyat dengan berpedoman pada Delapan Wajib TNI serta berupaya selalu hadir kapanpun dan dimanapun untuk mengatasi kesulitan rakyat.

Pendim 0901/Samarinda.