Ribuan Sentono dan Abdi Dalem Ikuti Kirab Pusaka 1 Suro JE 1958, Hadir Juga Perwakilan KHN DKI

Biro JakartaRedaksi - Selasa | 09 Juli 2024 | WIB
Ribuan Sentono dan Abdi Dalem Ikuti Kirab Pusaka 1 Suro JE 1958, Hadir Juga Perwakilan KHN DKI
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Ribuan Sentono dan Abdi Dalem Ikuti Kirab Pusaka 1 Suro JE 1958, Hadir Juga Perwakilan KHN DKI

Kirab Pusaka malam 1 Suro Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau Keraton Solo, Jawa Tengah, dihelat pada Minggu (7/7/2024) tengah malam atau Senin (8/7/2024) dini hari.

Rangkaian acara Kirab Pusaka malam 1 Suro Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga dikenal dengan kirab kebo Kyai Slamet Keraton Solo itu dimulai pada Minggu (7/7/2024) sore.

Kirab kebo Kyai Slamet Keraton Solo menjadi salah satu tradisi di malam 1 Suro yang bertujuan untuk meminta keselamatan dan sebagai sarana introspeksi agar menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

Acara tersebut diikuti ribuan peserta, termasuk Permaisuri, Putra Mahkota, Serta para Abdi Dalem Keraton Solo yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Abdi Dalem yang tergabung dalam Paguyuban Kusumo Hondrowino Nusantara DKI Jakarta.

Kirab dimulai dengan barisan Kebo Bule dan pawangnya di barisan paling depan. Kemudian disusul Abdi Dalem bersama Putra-putri Sinuhun Dan Para Pembesar yang membawa Sepuluh Pusaka Keraton.

Selama prosesi, peserta mengenakan adat Jawa berwarna hitam atau busana Jawi lengkap. Peserta tidak boleh mengucapkan satu patah kata pun selama prosesi berlangsung.

Kirab Pusaka malam 1 Suro Keraton Surakarta dilakukan dengan rute yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Rute arak-arakan dimulai dari Keraton Surakarta menuju ke Supit Urang, Jalan Pakubuwana, Gapura Gladah, dan Jalan Mayor Kusmanto.

Selanjutnya, kirab menuju ke Jalan Kapten Mulyadi, Jalan Veteran, Jalan Yos Sudarso, Jalan Slamet Riyadi sebelum akhirnya kembali ke Keraton Solo.

Wakil Pangarsa KHN DKI KRT SURADI PRAWIRODIPURO,SH.MH. didampingi RT. SAGINO DIPURO. Memimpin para abdi dalem dari KHN DKI ikut kirab pusaka. mengatakan, bahwa kirab pusaka malam 1 Suro Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini merupakan tradisi untuk menyambut tahun baru Jawa, tahun baru Islam, dan kami bersyukur KHN DKI bisa menghadiri Kirab ini, ungkapnya. (Wartadipuro)