x

PERNUSA NEWS

RAGAM INDONESIA

Kamis, 22 April 2021 - 10:27:44

Pengabdian Masyarakat, TSM Gelar Pelatihan Manajemen Kearsipan secara Digital

Reporter: Nurul K | Dibaca: 113 | JURNALKALTARA.com
Foto : Istimewa [PernusaNews/Redaksi]
Pengabdian Masyarakat, TSM Gelar Pelatihan Manajemen Kearsipan secara Digital

Membuka Wawasan mengenai Arsip Digital, Pengabdian Masyarakat TSM Menggelar "Pelatihan Manajemen Kearsipan secara Digital" bagi Guru dan Siswa SMK Cinta Kasih Tzu Chi di SMK Cinta Kasih Tzu Chi

Di masa pandemi Covid-19, Dokumen dan Arsip sangat berperan penting dalam proses kerja dari rumah atau yang lebih kita kenal dengan isitilah WFH (Work From Home). Segala bentuk komunikasi berbasis tulisan, chatting, surat dan rekaman proses rapat online adalah bentuk-bentuk arsip digital yang harus disimpan dan dikelola dengan baik oleh tiap Lembaga demi kelancaran proses WFH. Tak hanya diterapkan dalam Lembaga profesional penerapan dan pengelolaan arsip digital, juga diajarkan pada salah satu pelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai bentuk keahlian yang harus dimiliki oleh para siswa SMK kejuruan tersebut. Para siswa SMK ini harus siap dan cakap dalam mengelola dokumen atau arsip digital di suatu Lembaga tempatnya bekerja, walaupun materi atau pelajaran di Sekolah belum cukup untuk menjawab tantangan di era digital ini dalam pengelolaan dokumen dan arsip.

Trisakti School of Management (TSM) menunjukkan dukungannya melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat secara daring kepada Siswa siswi SMK Cinta Kasih Tzu Chi. Yang diadakan pada hari Kamis, 22 April 2021, acara daring tersebut mengambil tema "Penerapan Sistem Manajemen Rekod Elektronik dan Demo Aplikasi Pengelolaan Arsip Digital". Para peserta yang berjumlah 90 peserta didik dan guru kelas 11 dan 12 SMK Cinta Kasih Tzu Chi ini, memiliki ketertarikan untuk mengetahui lebih baik bagaimana proses dokumen atau arsip digital itu diciptakan, dikelola, disimpan dan dapat diakses dengan cepat oleh lembaga tempat mereka bekerja nanti.

Dalam sambutannya Guru SMK Cinta Kasih Tzu Chi Ibu Minda, berharap dengan adanya kegiatan ini siswa/i dapat memahami serta mengetahui tentang arsip digital serta pengelolaannya, sehingga nantinya ketika terjun ke dalam dunia kerja para siswa/i mampu mengimplementasikannya secara baik. Selain itu juga beliau juga berharap agar siswa/i juga dapat menggali lebih dalam lagi terkait pengelolaan arsip langsung dari ahlinya yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam bidang kearsipan. Sehingga nanti dapat disinergikan dengan mata pelajaran yang sudah diajarkan dalam sekolah yaitu mata pelajaran Kearsipan.

Menanggapi hal tersebut Kepala Pusat Penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Trisakti School of Management Bapak Dr. Klemens Wedanaji, S.E., MM. beserta Sekertaris P3M TSM Bapak Nuno Sutrisno, S.E., M.M., CRP., CMA. menyampaikan rasa terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikam oleh SMK Cinta Kasih Tzu Chi, karena telah mengijinkan Tim Abdimas Trisakti School Management memberikan sharing tentang pengalamannya dalam mengelola arsip, terutama arsip digital. Beliau-beliau berharap agar Siswa/i SMK Cinta Kasih Tzu Chi dapat mengambil banyak pengalaman yang telah di sharing oleh tim abdimas TSM.

Dalam pelaksanaan sharing session yang dilaksanakn pada tanggal 22 April 2021 tersebut dibagi menjadi dua pemaparan. Untuk pemaparan pertama dipaparkan oleh Bapak Beny, S.E., M.B.A., RSA., CRA., CRP., CFP., Bapak Saif Haromain Al-Fashli, S.Hum dan Ibu Heni Kholiawati, S.Hum., M.Kom dengan materi Penerapan Sistem Manajemen Rekod Elektronik. Kemudian pemaparan kedua dilanjutkan oleh Bapak Emir Kharismar, S.E., M.B.A., RSA., CRP., Bapak Ibnu Lukman Wibowo, S.Hum dan Bapak Danu Fitriadi,S.I.Pus dengan materi pengenalan (Demo) Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Arsip ARTERI.

ARTERI sendiri merupakan aplikasi pengelolaan arsip elektronik berbasis web, bertujuan untuk mempermudah pengelolaan arsip yang dapat diunduh secara gratis. Selama sharing session ini siswa/i sangat antusias dalam mengikutinya, di mana banyaknya tanya jawab dalam sharing session ini, sehingga acara berlangsung melebihi waktu yang direncanakan.

Sebelum kegiatan sharing session ini berakhir, Guru dari SMK Cinta KAsih Tzu Chi berharap agar para siswa/i dapat mengambil ilmu yang sudah dibagi oleh nara sumber serta sharing session ini tidak hanya berhenti di hari ini saja, melainkan dapat dilaksanakan di kemudian hari lagi mengingat tingkat antusias yang tinggi dari para siswanya dalam mengikuti sharing session ini.(Red).

NASIONAL·POLITIK·HUKUM· MEGAPOLITAN·DAERAH·EKONOMI· OLAH RAGA·HIBURAN·LIFESTYLE·