x

PERNUSA NEWS

RAGAM INDONESIA

Jumat, 05 Maret 2021 - 15:43:14

KH Korwil Provinsi DKI Jakarta, Lakukan Sumpah Setia Pada Kanjeng Sunan Pakoeboewono ke XIII

Reporter: Nurul K | Dibaca: 121 | JURNALKALTARA.com
Foto : Istimewa [PernusaNews/Redaksi]
Paguyuban Kusumo Hondrowino Provinsi DKI Jakarta Sumpah Setia Pada Kanjeng Sunan Pakoeboewono ke XIII

Pengurus dan Anggota Paguyuban Kusumo Hondrowino Provinsi DKI Jakarta sebagai Abdi Dalem Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat bertempat di Anjungan Jawa Tengah TMII, Mendeklarasikan diri untuk Sumpah Setia pada Raja Keraton Surakarta Hadiningrat, sampeyan dalem ingkang sinuwun Kanjeng Sunan Pakoeboewono ke XIII, Deklarasi yang dibacakan Ketua KH DKI Jakarta, KRT. P. Mulyatno Prawironegoro, SH.MH tersebut juga disaksikan oleh Gusti Kanjeng Ratu Pakoeboewono ke XIII. serta beberapa Kerabat Kraton Kasunanan Surakarta.

Deklarasi tersebut menyatakan sumpah Setia sebagai Abdi Dalam Nagari Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Isi pernyataan tersebut berbunyi : kami Abdi dalem Keraton Surakarta Hadiningrat dalam wadah Paguyuban Kusumo Hondrowino Wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan sekitarnya mendeklarasikan

1. Mendukung penuh Negara Kesatuan Republik Indonesia beserta pemerintahannya yang berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

2. Berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 23 tahun 1988, Maklumat Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Sunan Pakoeboewono ke XIII, Keputusan Mendagri, Keputusan Menkopolhukam Republik Indonesia, mendukung sepenuhnya pengukuhan Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Sunan Pakoeboewono ke XIII sebagai Raja yang sah sejak diangkatnya Beliau pada bulan September 2004.

3. Mendukung sepenuhnya pada nota kesepahaman yang tercatat di Pengadilan Negeri Surakarta pada tanggal 28 November 2017 bahwa raja Keraton Surakarta Hadiningrat hanya satu yaitu Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Sunan Pakoeboewono ke XIII.

4. Menyatakan dukungan dan melaksanakan sepenuhnya Keputusan Mahkamah Agung Republik Indonesia tentang pengukuhan keabsahan perjanjian perdamaian, yang salah satunya berisi Pembubaran Dewan Adat.

Dan surat pernyataan paguyuban Kusumo Hondrowino Provinsi DKI Jakarta yang tertanggal pada 25 Februari 2021 tersebut akhirnya diserahkan kepada Gusti Kanjeng Ratu Pakoeboewono XIII.

NASIONAL·POLITIK·HUKUM· MEGAPOLITAN·DAERAH·EKONOMI· OLAH RAGA·HIBURAN·LIFESTYLE·