Mubes PJT, Tingkatkan Program Membantu Pemerintah Dalam Sejahterakan Warga Jateng Perantauan

birojakartaRedaksi - Minggu | 06 November 2022 | WIB
Mubes PJT, Tingkatkan Program Membantu Pemerintah Dalam Sejahterakan Warga Jateng Perantauan
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Mubes PJT, Tingkatkan Program Membantu Pemerintah Dalam Sejahterakan Warga Jateng Perantauan

Sebagaimana amanat anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Organisasi Paguyuban Jawa Tengah, dan bertempat di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah, Pada Minggu 6 November 2022 Paguyuban Jawa Tengah menggelar Musyawarah Besar (Mubes) dan acara tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Pembina Paguyuban Jawa Tengah yang juga Wantipres RI, Jenderal TNI (Pur) H Wiranto.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya mengaku bersyukur atas peran PJT yang selalu mendukung program Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah, kami sangat merasakan saat bangsa ini menghadapi Pandemi Covid 19, dimana PJT mampu menahan warganya untuk tidak mudik saat itu, sehingga Virus Corona bisa dicegah penyebarannya di daerah Jawa Tengah.

Dalam membantu warga Jawa Tengah di perantauan dan peran paguyuban juga cukup besar untuk bersama Pemda Jateng membantu meringankan beban warga perantauan asal Jawa Tengah.

Dalam turutserta melestarikan dan mengembangkan seni budaya masyarakat Jawa Tengah, peran PJT di Jabodetabek juga cukup tinggi. dimana PJT bersama kantor Penghubung Jateng secara rutin mensukseskan kegiatan Pergelaran seni budaya di anjungan Jawa Tengah TMII, juga digelar bersama pemerintah daerah Kabupaten/Kota.

Atas nama pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus PJT periode 2017 - 2022, maupun Paguyuban Kabupaten/Kota yang juga turut memajukan daerah serta warga masyarakat Jawa Tengah, dengan bantuan tenaga, pemikiran maupun dana untuk membangun daerah kelahirannya di Jawa Tengah.

Dalam acara mudik bersama kami juga mengucapkan terima kasih atas peran paguyuban Jawa Tengah yang selalu mensukseskan kegiatan mudik bareng tersebut sehingga warga perantauan Jabodetabek bisa merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarganya dengan penuh khidmat dan nyaman. Dan kegiatan musyawarah besar hari ini juga diharapkan bisa dilakukan dengan penuh Guyub, Pinta Ganjar Pranowo.



Ketua Dewan Pembina Paguyuban Jawa Tengah, Jenderal TNI (Purn) H Wiranto juga mengaku bahwa peran PJT cukup besar dalam membantu Pemerintah dan masyarakat, khususnya saat Pandemi COVID 19, dan sukses bersama pemerintah dalam pelaksanaan vaksin Covid 19, sehingga warga PJT bisa terlindungi dari ancaman Virus Corona.

Hari ini digelar Musyawarah Besar Paguyuban Jawa Tengah, untuk itu hendaknya kegiatan dapat dilakukan dengan Musyawarah dan mufakat, untuk kemajuan Paguyuban Jawa Tengah kedepan, tegas Jenderal TNI (Purn) Wiranto.

Dalam Sidang Mabes, Laporan pertanggungjawaban Paguyuban Jawa Tengah yang disampaikan oleh Ketua Umum PJT Periode 2017 - 2022, KRT Drs H Leles Sudarmanto, MM, MBA dinyatakan Diterima, dan KRT Leles Sudarmanto mengaku siap mengemban amanah jika diberi kesempatan untuk kembali menjadi Ketua PJT, dan siap membangun kolaborasi dengan Seluruh Komponen bangsa serta SDM Wong Jateng, yang luar biasa, serta bersama seluruh Paguyuban dan Komunitas asal Jawa Tengah di perantauan maupun yang di Jawa Tengah, ungkapnya.

Wakil Rakyat Anggota DPD RI Dapil Jawa Tengah, Dr Abdul Cholik, M.Si, juga mengapresiasi peran Paguyuban Jawa Tengah selama ini dalam membantu Pemerintah maupun Warga Masyarakat, untuk itulah Mebes PJT ini diharapkan menghasilkan putusan yang lebih baik lagi dan bisa dilakukan kedepan dalam membangun Jawa Tengah, harapnya. (Pry/Nrl)