Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Lepas 561 Wisudawan Sarjana, Sarjana Terapan dan Magister

birojakartaRedaksi - Sabtu | 15 Oktober 2022 | WIB
Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Lepas 561 Wisudawan Sarjana, Sarjana Terapan dan Magister
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Lepas 561 Wisudawan Sarjana, Sarjana Terapan dan Magister

Bertempat di Ballroom Tribrata Darmawangsa Jakarta, pada 15 Oktober 2022, Sidang Terbuka Senat Akademik Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STP TRISAKTI) dengan acara tunggal Wisuda lulusan program Magister, Sarjana dan Sarjana Terapan tahun akademik 2021/2022.

Dalam laporan Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati, SE,MM menjelaskan, bahwa STP Trisakti memiliki renstra sesuai visi menjadikan Perguruan Tinggi Unggulan dalam Pengembangan Ilmu Pariwisata dan Hospitality yang memiliki daya saing global, serta ingin memberikan bekal kepada lulusan ilmu dan kompetensi, yang mampu memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja, baik nasional maupun internasional. sesuai nilai-nilai keagamaan, integritas, professional, berbudaya.

Kita juga bersyukur, Institusi STP Trisakti telah terakreditasi dan seluruh program studi seluruhnya juga telah terakreditasi, baik Program S3, S2, S1 maupun Sarjana Terapan, bagaimana STP Trisaki mampu go internasional, sehingga saat ini STP Trisakti juga sudah meraih akreditasi internasional dari UNWTO, kami juga bersyukur STP Trisakti juga memperoleh bantuan dari Pemerintah, baik Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Dikti, Kementerian Parekraf serta Kementerian Sosial, dalam mendukung program pemerintah serta memberikan pendampingan terhadap Sekolah Menengah Kejuruan.

Prertasi, baik Dosen maupun Mahasiswa STP Trisakti juga terus meningkat, baik prestasi tingkat nasional maupun internasional, sehingga banyak mahasiswa yang studi lanjut ke luar negeri. Hari ini kita bersyukur dapat melepas 561 Wisudawan, yang terdiri dari Prodi S2 Pariwisata 74 orang, Sarjana (S1) 97 orang, Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan 319 orang, Sarjana Terapan Usaha Perjalanan Wisata 71 orang. dan sebagian dari mereka sudah mendapat pekerjaan, hingga posisi menjadi Manager serta Superviser, papar Fetty Asmaniati.

Sementara Ketua Badan Pengurus Yayasan Trisakti, Mayjen TNI (Purn) Dr. D Bimo Prakoso dalam sambutannya juga mengaku mengapresiasi seluruh Pimpinan, Dosen dan Karyawan STP Trisakti yang telah bekerja keras dalam pengabdiannya, sehingga mampu melahirkan Sarjana-sarjana yang hebat, hingga mampu bersaing di Kancah internasional.

Kepada para Wisudawan, Dr Bimo Prakoso juga menekankan, bahwa bekal ilmu pengetahuan belumlah cukup untuk menjamin keberhasilan dan karir, karena keberhasilan dalam berkarir juga ditentukan oleh kemampuan sosial, ketika berada di lingkungan masyarakat. Untuk itulah jaga nama baik almamater, dan saat mengabdi ke masyarakat di manapun bekerja, jangan sampai melakukan Korupsi juga nepotisme, lakukan pengabdian dengan jujur dan iklas, serta jangan sampai terjebak dengan Narkoba, karena jika terkena Narkoba, maka seluruh perjuangan akan berakhir sia-sia, untuk itu jangan sampai coba-coba Narkoba, pinta Dr Bimo Prakoso.

Ditempat yang sama, Mantan Sekda Provinsi Papua, Dance Yulian Flassy, SE. M.Si Orang Tua Wisudawan Rothrauth Trouche Flassy S.Tr.Par.BA (Hons) yang lulus dengan nilai Cumlaude, juga mengaku bersyukur putrinya dapat menyelesaikan program Sarjana Pariwisata dan telah mengikuti program Double Degree untuk kuliah di Korea Selatan, meskipun dirinya sempat berdebat dengan istri dan anaknya agar menjadi Sarjana Ekonomi, dan ternyata Program Pariwisata merupakan masa depan Indonesia, khususya di Provinsi Papua maupun Papua Barat, karena Tambang akan habis, sementara Sektor Pariwisata merupakan Sektor yang akan menghasilkan PAD di daerah Papua, apalagi Papua memiliki kekhasan Wisata yang tidak dimiliki oleh Daerah lain.

Dance Yulian Flassy, SE.M.Si juga seorang Birokrat (ASN LAN) ini juga akan terus mendorong kepada seluruh Kabupaten/Kota di Papua agar segera mengirimkan putra-putri Papua untuk menjadi mahasiswa untuk kuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, baik program Sarjana maupun Pascasarjana, kerjasama dalam pengembangan pariwisata di Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Papua harus segera dilakukan untuk bersama-sama membangun Kepariwisataan Papua, dalam menyambut Wisatawan Domestik maupun Wisatawan Mancanegara, ungkapnya. (Nrl).