Kegiatan Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management di SMA Santo Kristofours II

Nurul KRedaksi - Selasa | 12 Oktober 2021 | WIB
Kegiatan Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management di SMA Santo Kristofours II
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management di SMA Santo Kristofours II, Bekali Kewirausahaan Siswa

"Jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar dan dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang terus meningkat disetiap tahunnya merupakan pasar yang sangat menarik untuk dimanfaatkan. Namun disisi lain, jumlah pengangguran di Indonesia juga jumlahnya tidak sedikit. Kombinasi ini sangat penting untuk ditelaah, artinya jika kita merupakan bagian dari pengangguran yang disebabkan dikarenakan tidak memiliki kesempatan untuk bekerja diperusahaan maka berwirausaha atau menjadi seorang entrepreneur merupakan solusi yang bisa dipilih oleh kita", data tersebut yang menjadi pembuka yang disampaikan oleh Bapak Nuno Sutrisno, S.E., M.M., CRP., CMA pada saat menjadi instruktur dalam pelatihan kewirausahaan bagi siswa/I SMA Santo Kristofours II.

Pada kesempatan itu, Bapak Nuno menjelaskan adanya peluang lain yang dapat diambil oleh para siswa untuk mendapatkan pendapatan selain bekerja menjadi karyawan pada sebuah perusahaan. pemberian contoh nyata beberapa peluang usaha yang dapat dilakukan oleh para siswa, untuk memulai menjadi wirausaha sejak dibangku sekolah, menjadikan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dikemas dalam sebuah pelatihan menjadi leibih hidup dan menarik, karena banyaknya siswa/I yang terlibat dalam diskusi. Dari hasil diskusi dapat terlihat bahwa tidak sedikit dari para peserta termotivasi untuk memulai berbisnis setidaknya dengan menggunakan terlepon pintarnya untuk memulai berbisnis atau berjualan secara online.

Pelatihan yang diadakan pada tanggal 12 Oktober 2021 dihadiri oleh sekitar 70 Siswa/I dan Guru SMA Santo Kristoforus II, sambutan positif di sampaikan oleh para peserta pelatihan baik dari Guru maupun dari para siswa, dan hal tersebut memberi semangat lebih bagi Trisakti School of Management (TSM) untuk berkomitmen untuk terus melaukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertemakan Kewirausahaan khususnya pada saat pandemi Covid-19 ini. Komitmen ini ditunjukan dengan bersedianya TSM untuk melanjutkan pelatihan KWU ini di sesi berikutnya dengan mengangkat materi mengenai Lean Business Canvas Model yang akan membekali secara teknis bagaimana parasiswa parasiswa akan memulai bisnis.

Diakhir acara baik pihak SMA Santo Kristofours II maupun pihak Trisakti School of Management berharap dengan pelatihan ini akan muncul wirausahawan-wirausahawan baru yang mucul bahkah sejak dari bangku sekolah.