P3M TSM Bekali Siswa SMA Santo Kristoforus II Proses Pencatatan Akuntansi

Nurul KRedaksi - Sabtu | 16 Oktober 2021 | WIB
P3M TSM Bekali Siswa SMA Santo Kristoforus II Proses Pencatatan Akuntansi
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

P3M TSM Bekali Siswa SMA Santo Kristoforus II Proses Pencatatan Akuntansi

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management (P3M TSM) sebagai dua unsur dari Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk memperkaya ilmu, pengetahuan dan teknologi serta untuk mengaplikasikan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, dan telah bekerjasama dengan SMA Kristoforus II, pada Kamis 24 Oktober 2021 menggelar acara pelatihan proses pencatatan akuntansi, dan karena saat ini masih berada pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level III, maka pelatihan dilakukan secara online melalui zoom meeting.

Andrez Wathun selaku guru sekolah SMA Kritoforus II dalam sambutannya menyatakan, bahwa pihaknya bersyukur, kegiatan pelatihan akuntansi hari ini bisa dilakukan serta diikuti oleh guru, siswa IPA dan IPS kelas X, XI dan XII SMA Kritoforus II yang mengambil kegiatan ekstrakurikuler pelatihan akuntansi dan accurate. Pelatihan yang digelar mulai pukul 12.30 sampai dengan pukul 14.00 WIB tersebut diikuti 15 siswa.

Akuntansi mempunyai peranan penting dalam perkembangan bisnis suatu perusahaan. Output dari akuntansi adalah laporan keuangan yang akan digunakan dalam pengambilan keputusan bisnis, sehingga proses pencatatan suatu transaksi menjadi jurnal, buku besar dan neraca saldo menjadi proses yang penting dalam akuntansi. Dengan demikian penting untuk membekali siswa-siswi SMA Kristoforus II untuk belajar sejak dini mengenal proses pencatatan di akuntansi.

Dan pelatihan pencatatan akuntansi diikuti dengan penuh semangat, baik dari para pemapar materi maupun para peserta pelatihan. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat dan menjadi bekal untuk para siswa-siswi SMA Kritoforus II dalam memahami proses pencatatan akuntansi, yang nantinya akan menghasilkan informasi akuntansi yang berguna dalam pengambilan keputusan. Untuk kedepannya, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management akan terus berkomitmen untuk melakukan berbagai pelatihan di SMA Kristoforus II, harapnya.

Bagian Peserta diminta untuk mempersiapkan terlebih dahulu file excel yang akan digunakan untuk melakukan simulasi pelatihan pencatatan akuntansi dari saldo normal, jurnal, buku besar dan neraca saldo. Pemaparan pelatihan proses pencatatan akuntansi (pengenalan saldo normal, jurnal, buku besar dan neraca saldo) dimulai dengan adanya penjelasan teori, kuis berhadiah menggunakan media kahoot, penjelasan contoh kasus transaksi-transaksi akuntansi dalam jurnal umum, buku besar dan neraca saldo. Pelatihan diikuti dengan sangat antusias dari para peserta yang ditandai dari keaktifan mereka untuk mengikuti kuis kecil menggunakan kahoot dan aktif bertanya selama pemaparan materi berlangsung.

Pelatihan proses pencatatan akuntansi ini diinisiasi oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bersama tim dosen Trisakti School of Management yang telah berkonsultasi dengan pihak sekolah SMA Kritoforus II yaitu bapak Andrez Wathun untuk mengetahui kebutuhan materi pelatihan yang dibutuhkan oleh para siswa siswi di SMA Kritoforus II. Tim dosen Trisakti School of Management yang terlibat pada pelatihan proses pencatatan akuntansi tanggal 14 Oktober di SMA Kritoforus II adalah bapak Dr. Klemens W. Prasastyo selaku ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management, Ibu Dr. Fung Tjin, Ibu Astrid Rudyanto, SE., M.Ak., CSRS, CMA dan ibu Paulina Sutrisno, SE., M.Sc. (Red)