Siswa-siswi SMK Pelita IV Ikuti Webinar Public Speaking, Dari PKM TSM

Nurul KRedaksi - Kamis | 14 Oktober 2021 | WIB
Siswa-siswi SMK Pelita IV Ikuti Webinar Public Speaking, Dari PKM TSM
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Siswa-siswi SMK Pelita IV Ikuti Webinar Public Speaking, Dari PKM TSM

Public speaking sebuah cara komunikasi untuk menyampaikan pesan atau informasi di depan khalayak atau sekelompok orang yang bertujuan untuk menyampaikan berbagai informasi, menghibur orang, dan juga mengajak atau bahkan mempengaruhi khalayak, sebenarnya bisa di pelajari dan di kuasasi oleh setiap orang, karema untuk melakukan public speaking membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi, penguasaan materi yang mendalam, dan juga memiliki cara berkomunikasi yang baik. Dan untuk meningkatkan kemampuan dalam public speaking pada Generasi Millennials, Pada Selasa, 12 Oktober 2021, kampus Trisakti School of Management (TSM) melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berkesempatan untuk berbagi mengenai topik public speaking pada Siswa-siswi SMK Pelita IV, Jakarta Barat.

Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh siswa/i dari SMK Pelita IV saja, namun juga Kepala Sekolah - Bapak Yohanes Sigit Widi, guru - guru SMK Pelita IV, bahkan siswa/i, guru, dan Kepala Sekolah dari sekolah - sekolah lainnya, yaitu sekolah Era Pembangunan, Mutiara Bangsa, Bina Karya, Santo Leo, serta perwakilan dari Yayasan Budi Bhakti yang menaungi sekolah Pelita IV.

Dan Trisakti School of Management menghadirkan tiga pembicara, yaitu Ibu Dr. Nurwanti, S.E., M.M., CRP., Ibu Erika Jimena Arilyn, S.E., M.M., CRP., CPF., CFP., dan Bapak Beny, S.E., M.B.A., RSA., CRP., CFP. Ketiga pembicara ini turut didampingi oleh Ketua Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) TSM Bapak Dr. Klemens Wedanaji Prasastyo, S.E., M.M., dan Sekretaris Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) TSM Bapak Nuno Sutrisno, S.E., M.M., CRP, CMA.

Sambutan hangat dari pihak sekolah membuat para pembicara pun semangat untuk berbagi. Pada kesempatan pertama, materi dibuka oleh Bapak Beny dimana beliau menyampaikan hal mendasar mengenai public speaking, apa tujuannya, dan elemen penting apa saja yang harus ada di dalamnya, salah satu di antaranya adalah visual. Menurut Bapak Beny, visual menjadi komponen penting dalam menjadi public speaker; bagaimana harus memiliki tampilan yang baik, ekspresi wajah serta bahasa tubuh yang digunakan menjadi hal yang harus dilihat juga ketika tampil untuk bicara di depan umum.

Ibu Erika dalam paparannya menyampaikan tentang masalah - masalah yang sering terjadi ketika harus bicara di depan umum, salah satunya adalah gugup. "setiap orang pasti akan mengalami gugup ketika harus bicara di depan umum dan itu adalah hal yang wajar. Namun, bukan berarti gugup itu tidak dapat diatasi", ucapnya.

Lebih jauh Ibu Erika memaparkan, akan beberapa cara untuk mengatasi rasa gugup saat harus berbicara di depan umum, seperti menguasai materi yang akan dibawakan, menanamkan sugesti positif dan rileks pastinya.

Bagian terakhir dilanjutkan oleh Ibu Nurwanti, dimana beliau menyampaikan tentang kiat sukses untuk menjadi seorang public speaker. Disini beliau juga banyak bercerita tentang pengalaman yang sudah pernah dilewatinya dan mendapatkan kunci sukses untuk menjadi public speakers adalah Latihan. Ibu Nurwanti pun memberikan contoh public figure yang saat ini berprofesi sebagai seorang public speaker, yaitu Merry Riana dengan menampilkan video tayangan saat beliau mengisi sesi motivasi. "Jangan pernah berhenti dan menyerah, karena saat Anda berhenti dan menyerah, maka Anda menutup pintu kesuksesan yang sebenarnya sedang menghampiri Anda", pesan Bu Nurwanti kepada para peserta.

Antusiasme peserta pun terlihat dari adanya banyak pertanyaan yang dilontarkan baik secara langsung maupun yang disampaikan pada kolom chat. Topik ini pun tidak hanya menarik bagi para siswa dan siswi untuk bertanya, namun juga guru - guru pendamping ikut memberikan pertanyaan yang sangat luar biasa. Masih banyak pertanyaan yang belum sempat terjawab namun waktu jugalah yang harus memisahkan. Terima kasih atas partisipasi dan antusiasme dari para peserta pada sesi kali ini. Semoga apa yang telah dibagikan dapat bermanfaat dan diaplikasikan dalam proses belajar untuk para siswa/i dan dalam kehidupan pekerjaan untuk guru - guru sekalian. Tetap semangat untuk terus menjadi pembicara yang menginspirasi.