Warga Pluit Antusias Ikuti Diskusi dan Pelatihan Perpajakan dari Trisakti School of Management

Nurul KRedaksi - Kamis | 14 Oktober 2021 | WIB
Warga Pluit Antusias Ikuti Diskusi dan Pelatihan Perpajakan dari Trisakti School of Management
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Warga Pluit Antusias Ikuti Diskusi dan Pelatihan Perpajakan dari Trisakti School of Management

Pengetahuan serta pemahaman tentang peraturan perpajakan sangat dibutuhkan bagi Wajib Pajak, karena dengan memahami cara membayar pajak, maka akan sangat membantu dalam pelaporan pajak, dan menghindarkan kesalahan sebagai wajib pajak, untuk itulah Trisakti School of Management (TSM) melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat sebagaimana yang diamanatkan Tri Darma Perguruan Tinggi, pada Pada tanggal 10 Oktober 2021, Warga RW 013, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara, menggelar Diskusi dan Pelatihan Peraturan Perpajakan Bagi Wajib Pajak.

Kegiatan Diskusi dan Pelatihan Peraturan Perpajakan yang digelar di lapangan basket warga RW.013 Pluit tersebut digelar secara of line dan online, serta tetap mengikuti protokol kesehatan, dalam upaya mencegah Pandemi Covid -19, sehingga warga yang tidak hadir bisa mengikuti melalui Webinar dengan fasilitas zoom meeting.

Dalam kegiatan ini, Trisakti School of Management menghadirkan dua orang dosen yang memang sudah sangat berpengalaman dalam bidang perpajakan. Dosen yang ditugaskan menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihan dan sosialisasi ini adalah Bapak Dr. Haryo Suparmun SE., Ak., MM., MBA., CA., CPA., BKP., ACPA dan Bapak Rian Sumarta SE., Ak., M.Si., CA., BKP., CPA.

Pada kesempatan ini, narasumber memaparkan tentang definisi Pajak, fungsi penerimaan pajak bagi negara serta tujuan pemungutan pajak bagi negara. Para narasumber juga memberikan update mengenai peraturan pajak terkini terutama terkait dengan disahkannya Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP). Dalam UU HPP ini juga mendukung Program Pengungkapan Sukarela Wajib Pajak atau yang kita kenal dengan Tax Amnesty Jilid II. Diharapkan dengan pemaparan tersebut, warga RW 013/Pluit lebih memahami perauran perpajakan termasuk perubahan-perubahan peraturan yang timbul atas disahkannya Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

Ketua RW 013 Pluit, Bapak Tjong Andy menjelaskan, bahwa Diskusi dan Pelatihan Perpajakan ini sangat penting bagi warga Pulit, Penjaringan, sebagai upaya pemenuhan kewajiban perpajakan. Dengan memahami hak dan kewajiban perpajakan, maka Wajib Pajak dapat memenuhinya agar terhindar dari sanksi administrasi perpajakan yang bisa memberatkan dirinya.

Tjong Andy dalam kesempatan ini juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada tim Pengabdian Masyarakat dari TSM, yang telah bersedia memberikan bekal ilmu Perpajakan, khususnya Peraturan Perpajakan Terkini pada para warga RW 013 Pluit, sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan para warga RW 013 Pluit dapat taat pajak, ungkapnya. (Red).