250 Siswa SMK Wilayah Jakarta Barat Ikuti Pelatihan Perpajakan P3M Trisakti School of Management

Nurul KRedaksi - Rabu | 13 Oktober 2021 | WIB
250 Siswa SMK Wilayah Jakarta Barat Ikuti Pelatihan Perpajakan P3M Trisakti School of Management
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

250 Siswa SMK Wilayah Jakarta Barat Ikuti Pelatihan Perpajakan P3M Trisakti School of Management

Trisakti School of Management melalui P3M (Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ) bekerja sama dengan SMK Pelita IV, pada Kamis 12 Oktober 2021, memberikan pelatihan pemahaman perpajakan kepada semua lapisan masyarakat melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat dan dilakukan secara daring/online, dimana kegiatan tersebut juga sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam membantun budaya Sadar Pajak, khususnya bagi Generasi Muda serta membentuk Generasi yang cinta pada bangsa dan negara.

Sebagai narasumber dalam webinar tersebut, TSM mengirimkan Tim dosen yang merupakan praktisi di bidang perpajakan dengan Ketua tim Meiriska Febrianti, SE., ME., CA.,BKP., CPA (Aust.)., ACPA dan anggota Dr. Haryo Suparmun, SE.,MM.,MBA., Ak., BKP., CPA., CA.,ACPA dan Rian Sumarta, SE., M.Si., BKP., CPA., CA.,ACPA. Sementara peserta webinar Perpajakan secara daring melalui zoom meeting dengan topik "Pengisan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Karyawan" diantaranya siswa-siswi serta Guru dari beberapa SMK di wilayah Jakarta Barat, yaitu SMK Pelita IV, SMK Karya Pembangunan, SMK Santo Leo, SMK Mutiara Bangsa, SMK Bina Karya dan SMK Negeri 42. Pelatihan ini diadakan bertujuan untuk memberikan pemahaman perpajakan sekaligus mengetahui cara pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Karyawan.

Penyampaian materi dalam kegiatan webinar yang berlangsung selama 3 jam, berisi teori dan filosofi mengenai perpajakan, Pajak Penghasilan Orang Pribadi dan dilanjutkan dengan simulasi pengisian SPT Tahunan, orang pribadi dengan menggunakan formulir 1770 SS dan 1770 S. Meskipun acara dilakukan secara daring, namun tidak menyurutkan antusiasme dari para peserta yang mendengarkan dari awal hingga akhir acara dan memberikan beberapa pertanyaan kepada para nara sumber pada sesi tanya jawab.

Ketua Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat TSM, Dr. Klemens Wedanaji Prasastyo, S.E., M.M dalam sambutannya berharap, agar penyelenggaraan webinar ini dapat memberikan manfaat kepada para guru dan siswa-siswi SMK untuk dapat lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka akan perpajakan. TSM juga akan selalu siap bekerja sama dan berkomitmen untuk menyediakan narasumber yang kompeten dalam kegiatan webinar yang dibutuhkan oleh sekolah menengah di Jabodetabek baik dengan topik perpajakan maupun topik lainnya.

hal yang sama juga diungkapkan Ketua Tim Pengabdian ini, Meiriska Febrianti, SE., ME., CA.,BKP., CPA (Aust.)., ACPA, bahwa siswa - siswi SMK suatu saat juga akan berperan sebagai Wajib Pajak, dimana mereka juga harus memahami mengenai hak dan kewajiban perpajakannya, salah satunya adalah dalam pengisian SPT Tahunan Orang Pribadi. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan dan menambah wawasan baik bagi para guru maupun siswa siswi SMK di Jakarta. Diharapkan pada kesempatan berikutnya, dapat kembali bekerja sama untuk menyampaikan materi lain sebagai kelanjutan materi hari ini.

Sementara saat menutup acara, Kepala Sekolah SMK Pelita IV Bapak Yohanes Sigit, S.Pd juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada tim Pengabdian Masyarakat dari TSM, dan mengharapkan dapat melanjutkan kerjasama untuk kegiatan sejenis di masa yang akan datang. (Red).