Abdimas TSM Bekali Siswa SMK Pelita IV Dengan Pelatihan Kewirausahaan

Nurul KRedaksi - Sabtu | 09 Oktober 2021 | WIB
Abdimas TSM Bekali Siswa SMK Pelita IV Dengan Pelatihan Kewirausahaan
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Abdimas TSM Bekali Siswa SMK Pelita IV Dengan Pelatihan Kewirausahaan

Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan Perguruan tinggi dituntut mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dan pada Sabtu, 9 Oktober 2021, Trisakti School of Management (TSM) menggelar Pelatihan Kewirausahaan di SMK Pelita IV Jakarta Barat. Pelatihan yang digelar pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021 dengan secara Daring/online, dibawakan oleh Dr. Klemens Wedanaji Prasastyo, S.E.,M.M yang juga menjabat sebagai Kepala Penelitian dan Pengabdian Masyarakat TSM.

Kepala Penelitian dan Pengabdian Masyarakat TSM, Dr. Klemens Wedanaji Prasastyo, S.E.,M.M menjelaskan, mesti berada pada Pandemi COVID 19, namun tidak menyurutkan upaya Trisakti School of Management untuk melakukan Program Pengabdian Masyarakat yang terkait dengan Tridharma Perguruan Tinggi, dan kami bersyukur, TSM hari ini bisa melakukan pelatihan kewirausahaan pada siswa-siswi dan Guru di SMK Pelita IV Jakarta Barat.

Dimana selama pandemi Covid 19, kegiatan kerjasama pelatihan dengan instansi pendidikan seperti SMA dan SMK tetap dijalankan oleh TSM secara daring melalui media Zoom. Dan hari ini telah hadir mengikuti Pelatihan sekitar 210 peserta yang terdiri dari siswa dan guru SMK Pelita IV.

Program pelatihan kewirausahaan di SMK Pelita IV ini merupakan yang pertama dari serangkaian program pelatihan kewirausahaan yang dilakukan di semester Ganjil 2021/2022. Dr. Klemens Wedanaji Prasastyo, S.E.,M.M mengungkapkan bahwa melalui program pelatihan kewirausahaan ini diharapkan para peserta didik dapat memiliki mindset positif mengenai kewirausahaan dan dapat memunculkan sebuah ide bisnis serta mengaplikasikan ide tersebut sebagai sebuah unit usaha bisnis sederhana yang riil.

Pelatihan pertama yang berlangsung selama 3 jam ini, disampaikan secara interaktif dengan banyak menampilkan video yang dapat membangun rasa ketertarikan dan ingin tahu dari para siswa.

Yohanes Sigit Widiatmaka, S.Pd (Kepala sekolah SMK Pelita IV) dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas tindak lanjut kerjasama dengan Trisakti School of Management, untuk membantu peserta didik, pelatihan kewirausahaan dan paparan yang sudah diberikan dengan baik, akan mampu memotivasi siswa dan menumbuhkan semangat bagi para siswa untuk berani berwirausaha selagi muda.

Lebih lanjut, beliau juga mengapresiasi program kewirausahaan ini yang dibuat secara komprehensif dan memadukan materi dan pendampingan bagi siswa. Kedepannya, SMK Pelita IV juga telah menjalin kerjasama pelatihan di bidang lain seperti Perpajakan, Komputer Akuntansi, Manajemen Data, dan Pasar Modal dengan TSM, sehingga para lulusan SMK Pelita IV Jakarta Barat, nantinya akan menjadi Generasi unggul dalam berwirausaha serta mampu menciptakan lapangan kerja, harapnya. (Red).