Bakamla RI Berhasil Evakuasi Longboat Rusak Mesin di Perairan Tanjung Burang

Nurul KRedaksi - Selasa | 28 September 2021 | WIB
Bakamla RI Berhasil Evakuasi Longboat Rusak Mesin di Perairan Tanjung Burang
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Bakamla RI Berhasil Evakuasi Longboat Rusak Mesin di Perairan Tanjung Burang

Tual, Selasa 28 September 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard)--- Sebuah Longboat sempat dilaporkan hilang karena mengalami kerusakan mesin di perairan Tanjung Burang, kabupaten Maluku Tenggara,Selasa (28/9/21)

Longboat ditemukan Tim SAR Gabungan yang terdiri dari personel Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Tual Bakamla dan Pos SAR Tual setelah satu jam lebih pencarian di perairan Tanjung Burang.

Longboat ditemukan Senin (27/9) pukul 16.50 WIT dikoordinat 5 21.008 S - 132 55.875 E dengan kondisi kapal terombang-ambing dan mengalami kerusakan mesin. Saat ditemukan korban Daryanto (49) dalam kondisi selamat.

Longboat bercirikan warna biru merah dengan mesin katinting dilaporkan hilang oleh pihak keluarga karena tak kunjung kembali setelah melaut mencari ikan. Korban pergi melaut sejak Minggu (26/9) pukul 22.00 WIT hingga Senin tidak kunjung kembali.

Laporan awal yang diterima Pos SAR Basarnas diteruskan kepada Kepala SPKKL Tual Letkol Bakamla Rizal Ufer Suat, S.Pi. Menyikapi laporan yang diterima Letkol Bakamla Rizal Ufer berkoordinasi dengan Zona Maritim Timur Bagian Operasi sebagai laporan dan untuk meminta arahan lanjutan aksi pencarian.

Upaya pencarian menggunakan unsur Catamaran 5-07 dengan menyisir sekitar perairan Tanjung Burang sekitar 18 mil arah barat dari Kota Tual.

Pukul 15.00 WIT Tim SAR Gabungan bergerak menyisir perairan Tanjung Burang dan akhirnya berhasil menemukan korban dalam kondisi selamat, ujar Letkol Bakamla Rizal Ufer.

Kemudian, pukul 18.50 WIT, Tim SAR Gabungan tiba di pelabuhan PPN Tual dan menyerahkan korban kepada pihak keluarga.

Autensifikasi : Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.