Pengabdian Masyarakat STIE Trisakti Gelar Pelatihan Aplikasi Digital Marketing

Nurul KRedaksi - Selasa | 28 September 2021 | WIB
Pengabdian Masyarakat STIE Trisakti Gelar Pelatihan Aplikasi Digital Marketing
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Pengabdian Masyarakat STIE Trisakti Gelar Pelatihan Aplikasi Digital Marketing

Pengabdian Masyarakat STIE Trisakti melaksanakan “Pelatihan Aplikasi Digital Marketing: Melalui Penerapan Teknik SEO Bagi Organisasi dan Unit Usaha Lembaga Alkitab Indonesia” 23-24 September 2021.

Pusat Penelitan dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STIE Trisakti lakukan pengabdian masyarakat kepada Lembaga Alkitab Indonesia (LAI) dengan mengusung topik “Pelatihan Aplikasi Digital Marketing: Melalui Penerapan Teknik SEO Bagi Organisasi dan Unit Usaha Lembaga Alkitab Indonesia” 23-24 September 2021.

Pelatihan dihadiri 42 peserta terdiri dari staf/karyawan LAI dan mahasiswa STIE Trisakti.

Meskipun pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat belajar bagi peserta. Pelaksanaannya dilakukan secara daring dengan media Zoom Meeting yang menghadirkan perwakilan dari LAI-Jakarta, LAI-Medan, LAI-Sulawesi dan LAI-Papua, dimulai pkl. 09.00 hingga 12.00 selama dua hari. Penerapan teknik SEO di LAI dirasakan perlu karena di era digital marketing dapat memberdayakan multi channel sebagai upaya dalam meningkatkan visitor agar lebih intens dalam melakukan transaksi secara daring.

Sebelum dilakukan demo dan praktik bersama, acara ini dimoderatori oleh Bapak Nuno Sutrisno, SE., MM dimana pertemuan diawali dengan pembukaan oleh kepala P3M, Bapak Dr. Klemens Wedanaji Prasastyo, SE.,MM. dan kemudian dilanjutkan perwakilan dari LAI, Ibu Gianne.

Bapak Dr. Ian Nurpatria Suryawan, SE., MM menyampaikan bahwa "Digital Marketing" sebagai teori pendahuluan, dilanjutkan Bapak Sugiarto Prajitno, SE.,MM membawakan perkenalan SEO (Search Engine Optimization). Pertemuan pertama (23 September) berakhir pkl. 12.00 setelah Ibu Dr. Julisar mempresentasikan cara pembukaan akun ads.google dan ditutup dengan tanya jawab peserta.

Hari kedua (24 September), diawali penjelasan oleh Bapak Indra Arifin Djashan, SE.,M.Ak. yang mengupas tentang analisa keyword melalui aplikasi ads.google yang kemudian ditutup dengan presentasi serta penjelasan akhir mengenai design dan implementation oleh Bapak Dicky Supriatna, S.Kom.,M.TI.

Dengan berakhirnya pelatihan aplikasi digital marketing ini, diharapkan peserta perlu pratikkan dan dikerjakan secara terus menerus untuk menggali fitur-fitur dalam aplikasi agar memperkaya hasil akhir pekerjaan.(red)