Polres Metro Jakarta Timur Bersama Alumni Akabri 1996 Laksanakan Pelatihan dan Pengembangan UMKM

PriyonoRedaksi - Jumat | 17 September 2021 | WIB
Polres Metro Jakarta Timur Bersama Alumni Akabri 1996 Laksanakan Pelatihan dan Pengembangan UMKM
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Polres Metro Jakarta Timur Bersama Alumni Akabri 1996 Laksanakan Pelatihan dan Pengembangan UMKM Berbasis Digital

Dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi masyarakat pasca terdampak pandemi Covid-19, berbagai upaya telah dilakukan oleh Polri.

Salah satunya adalah memberikan pelatihan dan pengembangan UMKM berbasis Digital kepada pelaku UMKM terdampak Covid-19 yang digagas oleh Alumni Akabri 1996 Bharatasena.

Bertempat di aula lantai VI Polres Metro Jakarta Timur, berlangsung kegiatan pelatihan dan pengembangan UMKM berbasis Digital secara Virtual yang dilaksanakan oleh Polres Metro Jakarta Timur, bersama Alumni Akabri 1996 Bharatasena, dengan jumlah peserta yang hadir sekitar 50 orang yaitu para pelaku UMKM diwilayah Jakarta Timur dan sekitarnya, Kamis 16/9/2021.

Acara dihadiri langsung oleh Ketua Alumni Akabri 1996 Kombes Pol. Budhi Herdi, SH, S.Ik, M.Si beserta rombongan dan didampingi langsung oleh Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan.

Dalam wawancara singkatnya kepada awak media, Kombes Pol. Budhi Herdi, SH, S.Ik, M.Si mengatakan, "Kami dari Alumni Akabri 1996 mempunyai ide untuk memberikan bantuan fasilitas kepada para UMKM yang saat ini terkena dampak pandemi Covid-19.

Kita tau bahwa UMKM ini menjadi tulang punggung perekonomian Nasional.
Dan oleh karena itu kita mencoba menggandeng para platform platform, yang mana kita tau penjualan dengan cara digital ini sekarang lebih masif dan lebih bisa diterima oleh masyarakat.

Sehingga kami menggandeng beberapa platform, baik itu dari toko pedia, gojeg, shopee maupun bukalapak yang bergabung dengan kami.

Prinsipnya kami memberikan pelatihan pada mereka, bagaimana mereka bisa menjual ataupun memasarkan hasil UMKM nya.
Sehingga nanti mereka bisa masuk kepada para platform platform tersebut.

Harapan kami setelah mereka bisa masuk dan bergabung dengan bantuan kami Alumni Akabri 1996 menyambungkan mereka ke platform tersebut tentunya akan meningkatkan tingkat perekonomian mereka," Kata Ketua Alumni Akabri 1996 Kombes Pol. Budhi Herdi.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Alumni Akabri 1996 Kombes Pol. Budhi Herdi juga memperkenalkan sebuah Aplikasi milik Alumni Akabri 1996 dengan nama Aplikasinya UMKM PRESISI yang dibangun atas Sinergi dari Alumni Akabri 1996, yang mana saat ini masih dalam uji coba, katanya.

Nada yang sama juga disampaikan oleh Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan bahwa, "Pelatihan dan pengembangan UMKM berbasis digital yang digagas oleh alumni Akabri 1996 Bharatasena ini merupakan terobosan kreatif Polri guna mendorong kreatifitas bagi usaha kecil menengah, dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional, yang mana juga selaras dengan kebijakan Kapolri tentang pemulihan ekonomi nasional terutama dimasa pandemi seperti sekarang ini,"ucapnya.(..)