Bakamla RI Terima Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-59

Nurul KRedaksi - Selasa | 01 Juni 2021 | WIB
Bakamla RI Terima Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-59
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Bakamla RI Terima Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-59

Jakarta, 31 Mei 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) --- Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) menerima Kunjungan Perwira Siswa Pendidikan Reguler Sekolah Komando Angkatan Laut (Pasis Dikreg Seskoal) Angkatan Ke-59 T.A. 2021 di Markas Besar (Mabes) Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (31/5/2021).

Dari 175 orang Pasis, 18 orang di antaranya menjadi perwakilan pelaksanaan kunjungan Kuliah Kerja Operasi Kemanan Laut (KK Ops Kamla). Kedatangan rombongan langsung disambut oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. Turut serta mendampingi para siswa, Komandan Seskoal Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han).

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang dilanjutkan sambutan dan disertai perkenalan beberapa Pejabat Tinggi Bakamla RI oleh Laksdya TNI Aan Kurnia. Sebelumnya, beberapa pejabat tinggi ini juga pernah menjalani proses sebagai Pasis Seskoal.

Dalam kesempatan ini, Laksdya TNI Aan Kurnia memberikan paparan dengan judul "Sinergitas TNI AL dan Bakamla RI dalam rangka Menjamin Penegakan Hukum dan kedaulatan Negara di Wilayah Perairan dan Wilayah Yurisdiksi Indonesia". Walaupun sinergitas yang dilakukan tidak terbatas hanya dengan TNI AL, namun hal tersebut menjadi fokus utama dalam konteks instansi penegak hukum di laut. "TNI AL dan Bakamla RI berdasarkan Undang-Undang merupakan aparat penegak hukum yang bertanggung jawab dalam mewujudkan keamanan laut di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia", ucap Laksdya TNI Aan Kurnia.

Kesempatan tanya jawab juga diberikan kepada Pasis Dikreg Seskoal. Di akhir paparannya, Laksdya TNI Aan Kurnia memberikan beberapa penekanan kepada seluruh Pasis Dikreg Seskoal. "Ada tiga penekanan. Yang pertama, satukan visi dan paradigma; kedua, kenali Bakamla RI dengan baik; ketiga, kembangkan metode sinergi dan protokol kerja sama", tutur Laksdya TNI Aan Kurnia.

Komandan Seskoal Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr(Han) mengucapkan terima kasih kepada Kepala Bakamla RI atas kesediaannya menerima kunjungan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-59. Laksda TNI Tunggul Suropati menjelaskan bahwa Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-59 berjumlah 175 orang yang terdiri dari 163 Pejabat Menengah (Pamen) TNI AL, 2 Pamen TNI AD, 2 Pamen TNI AU, 4 Pamen POLRI serta 4 Pamen perwakilan negara sahabat yang berasal dari Malaysia, Pakistan, Singapura, dan Uni Emirat Arab.

Kunjungan kuliah KK Ops Kamla kali ini bertemakan “Melalui Kuliah Kerja Opskamla Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-59 T.A. 2021, Kita Tingkatkan SinergitasTNI Angkatan Laut dengan Bakamla RI Guna Mendukung Penegakan Hukum dan Penjagaan Keamanan di Laut Dalam Rangka Mengwujudkan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

"Diharapkan melalui kunjungan ini dapat terbentuk pengetahuan dan pemahaman para Pasis tentang peran, tugas, fungsi, dan kewewenangan Bakamla RI dalam melaksanakan tugas-tugas operasi", ujar Laksda TNI Tunggul Suropati.

Dalam kegiatan ini Siswa Dikreg Seskoal juga diberikan kesempatan untuk meninjau ke Kantor Pusat Informasi Marabahaya Laut (KPIML), dan Indonesia Maritime Information Centre (IMIC). Sebelumnya, pembekalan juga diberikan oleh Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Laksda Bakamla Tatit E. Witjaksono, S.E.,M.Tr.(Han) serta dilakukan diskusi dan tanya jawab.

Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.