Jelang Libur Lebaran, Bakamla RI Lakukan Latihan Peran Kebakaran

Nurul KRedaksi - Selasa | 11 Mei 2021 | WIB
Jelang Libur Lebaran, Bakamla RI Lakukan Latihan Peran Kebakaran
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Jelang Libur Lebaran, Bakamla RI Lakukan Latihan Peran Kebakaran

Jakarta, 11 Mei 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) --- Terdengar suara riuh yang meneriakkan adanya kebakaran. Seketika, seluruh personel Mabes Bakamla RI langsung berkumpul di Lapangan Apel Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/5/2021).

Keributan itu merupakan Latihan Peran Kebakaran dalam rangka libur panjang menyambut Idul Fitri 1442 H. Latihan yang dipimpin Kabag TU dan Rumga Kolonel Bakamla Eddy Pandjaitan, merupakan persiapan sebelum personel meninggalkan Mabes untuk berlebaran. Terlebih lagi, latihan ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan yang dapat terjadi selama rentang waktu hari libur.

Membentuk kesiap siagaan personel melalui latihan peran kebakaran ini, sejalan dengan arahan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., agar terus meningkatkan kinerja Bakamla RI.

Didalam latihan ini, personel Bakamla RI melakukan simulasi pemadaman kebakaran secara bergantian. Hal ini dimaksudkan agar setiap personel dapat mengerti dan memahami bagaimana cara memadamkan api. Tidak hanya itu, tiap-tiap personel disimulasikan mendapat tugas yang berbeda-beda, seperti pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadam kebakaran, penyelamatan dokumen penting, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, Kolonel Bakamla Eddy juga menekankan agar setiap personel yang meninggalkan ruang kerjanya disiplin dalam mematikan peralatan elektronik yang tidak dibutuhkan, dan mencabut kontak listrik sebelum meninggalkan ruangan kerja.

Latihan peran kebakaran yang dilakukan di masa pandemi ini tetap menerapkan protokol kesehatan serta mengutamakan keselamatan personel.

Autentikasi: Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla