Guru dan Siswa SMK Cinta Kasih Tzu Chi, Ikuti Praktek Software Accurate Dari TSM

Nurul KRedaksi - Senin | 19 April 2021 | WIB
Guru dan Siswa SMK Cinta Kasih Tzu Chi, Ikuti Praktek Software Accurate Dari TSM
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Pelatihan Praktek Penggunaan Software Accurate Bagi Guru dan Siswa Siswi SMK Cinta Kasih Tzu Chi oleh Pusat Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management Jakarta

Di dalam siklus akuntansi terdapat tahapan-tahapan yang sistemastis mulai dari menganalisa transaksi, penyusunan laporan keuangan, hingga jurnal penutup. Pembuatan laporan keuangan merupakan hal yang dibutuhkan oleh mayoritas perusahaan yang ada. Para siswa siswi yang menguasai keahlian untuk menyusun laporan keuangan tentu menjadi nilai tambah ketika memasuki dunia kerja. Software Accurate menawarkan solusi sebagai alat bantu untuk membantu penyusunan laporan keuangan secara elektronik. Accurate merupakan salah satu software akuntansi lokal yang sudah banyak digunakan di Indonesia dan sudah mengacu pada PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan).

Untuk itu, pada hari Senin, 19 April 2021, Pusat Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management mengadakan pelatihan praktek penggunaan software Accurate melalui daring dengan aplikasi zoom yang diikuti oleh siswa/siswi dan guru SMK Cinta Kasih Tzu Chi. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu membekali siswa/siswi maupun guru SMK Cinta Kasih Tzu Chi dalam memahami dan mengoperasikan software akuntansi Accurate yang nantinya akan menjadi bekal untuk para siswa/siswi SMK maupun para guru dalam menghadapi era industri 4.0 serta meningkatkan kompetensi dan profesionalisme di dunia kerja.

Pelatihan software akuntansi Accurate diikuti oleh siswa/siswi yang duduk di kelas 11 dan para guru akuntansi di SMK Cinta Kasih Tzu Chi. Kegiatan ini berdurasi selama 2 jam lebih yang dimulai dari pukul 10.00-12.30 WIB. yang Pelatihan ini di mulai dari pengenalan software akuntansi Accurate, yang dilanjutkan dengan cara pengoperasian beberapa transaksi bisnis seperti penjualan, pembelian dan transaksi akuntansi umum lainnya yang sering ditemui pada proses bisnis perusahaan. Setelah itu dilanjutkan dengan pembahasan jurnal serta implikasinya pada masing-masing laporan keuangan. Software Accurate mampu menghasilkan laporan keuangan secara otomatis berdasarkan input transaksi-transaksi yang dilakukan. Beberapa laporan keuangan yang dibahas diantaranya adalah laporan laba rugi, neraca, laporan laba ditahan dan laporan arus kas

Pelatihan software akuntansi Accurate ini diinisiasi oleh Pusat Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management bersama tim dosen akuntansi Trisakti School of Management yang sebelumnya sudah berkonsultasi dengan guru akuntansi dari SMK Cinta Kasih Tzu Chi untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan untuk meningkatkan pemahaman dan skill pengoperasian software akuntansi Accurate. Tim dosen akuntansi yang terlibat antara lain Ibu Ariesta Tika Kinanti Pangestu Sulistyo Putri, S.Ak. sebagai ketua Tim, Ibu Aan Marlinah, S.E., M.Ak., Novia Wijaya, S.E., M.Si. dan Ibu Widyawati Lekok, S.E., M.M.

Pelatihan penggunaan software accurate yang dilakukan secara daring ini tidak mengurangi ketertarikan dan antusias peserta dalam mengikuti setiap pembahasan. Setiap transaksi bisnis yang dibahas, langsung dipraktekkan ke dalam software Accurate, sehingga diharapkan dengan cara ini para peserta pelatihan dapat langsung mendapat gambaran nyata penggunaan software Accurate. Acara berjalan dengan interaktif, para peserta dapat langsung bertanya dan narasumber juga langsung menjawab pertanyaan yang diajukan. Pada pelatihan ini, para peserta terlebih dahulu diminta untuk men-download software akuntansi Accurate yang dapat diunduh secara free di internet supaya pada saat pelatihan dapat ikut mempraktikan secara langsung cara menginput data transaksi hingga menarik data jurnal dan laporan keuangan di software akuntansi Accurate.

Salah satu guru akuntansi SMK Cinta Kasih Tzu Chi, Ibu Tussi Triandini mengungkapkan bahwa pelatihan software akuntansi Accurate ini sangat dibutuhkan oleh para siswa/siswi SMK karena akan menjadi bekal ilmu yang sangat berguna untuk anak didiknya dalam mempersiapkan memasuki dunia kerja karena banyak perusahaan di Indonesia menggunakan software akuntansi Accurate. Begitupun dengan Ketua Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management yaitu bapak Dr. Klemens Wedanaji Prasastyo, S.E., M.M. menyatakan bahwa kedepannya Pusat Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management akan terus berkomitmen dan bekerjasama untuk membantu meningkatkan pengetahuan para guru maupun siswa/siswi SMU dan SMK di wilayah Jabodetabek.(Red).