Bangkitkan Minat Wirausaha, TSM Gelar Pengabdian Masyarakat di SMA Muhamadiyah 25 Pamulang

Nurul KRedaksi - Senin | 15 Februari 2021 | WIB
Bangkitkan Minat Wirausaha, TSM Gelar Pengabdian Masyarakat di SMA Muhamadiyah 25 Pamulang
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Bangkitkan Minat Wirausaha Sejak di Bangku Sekolah, TSM Gelar Pengabdian Masyarakat di SMA Muhamadiyah 25 Pamulang

Sebagai bentuk komitmen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti atau yang lebih dikenal dengan Trisakti School of Management (TSM) untuk turut serta mendukung pengembangan dan membangkitkan minat wirausaha dikalangan generasi muda, maka pada tanggal 15 Februari 2021, Trisakti School of Management melaksanakan kembali rangkaian Abdimas di SMA Muhamadiyah 25 Pamulang. Abdimas pada kali ini merupakan sesi ke dua dari tiga rangkaian yang telah direncanakan oleh pihak TSM dan pihak SMA Muhamadiyah 25 Pamulang. Abdimas sesi pertama berlangsung pada hari Senin 25 Januari 2021 dengan mengusung tema "A Guide For Your Entrepreneur Journey".

Sedangkan pada sesi ke dua ini, tema yang diangkat adalah "Penerapan Teknik SEO untuk Meningkatkan Peringkat Pencarian Toko Online", tujuan dari Abdimas TSM ini masih sama, yaitu bagaimana membangkitkan minat generasi muda untuk mau mulai berbisnis atau menjadi wirausaha sejak duduk di bangku sekolah, dan tema yang diangat dalam rangkaian Abdimas TSM, baik sesi pertama sampai dengan sesi ke tiga, seluruhnya terkait untuk bagaimana mencapai tujuan Abdimas seperti yang diuraikan diatas.

Abdimas yang dikemas dalam bentuk pelatihan ini, melibatkan enam dosen TSM sebagai narasumber, yang terdiri dari Bapak Dicky Supriatna, S.Kom., M.T.I. (Ketua Team) Bapak Indra Arifin Djashan, S.E., M.Ak., Bapak Sugiarto Prajitno, S.E., M.M., Bapak Nuno Sutrisno, S.E., M.M., CRP., Ibu Deasy Ariyanti Rahayuningsih, S.E., M.Si., CSRS, CSRA., dan Ibu Dr. Julisar, S.E., Ak., M.M., CA. Para narasumber ini menyampaikan penjelasan, bagaimana penerapan teknik SEO dapat dilakukan, sekaligus mendampingi peserta untuk bagaimana membuat Account Google Keyword Planner, sebagai alat bantu guna menerapkan teknik SEO.

Dalam paparan pertama, disampaikan mengenai fenomena mengenai semakin meningkatnya jumlah transaksi jual beli, yang dilakukan secara onlie melalu marketplace maupun media online lainnya, terlebih pada saat Pandemi seperti sekarang ini, fenomena ini harus disikapi oleh wirausaha atau calon wirausaha, untuk juga memberikan fasilitas transaksi secara online ketika ingin menjual produknya.

Atas dasar tersebut, maka penting bagi para wirausaha maupun calon wirausaha yang akan membuka toko secara online, untuk mengetahui bagaimana caranya agar toko online atau produk yang dijual dapat muncul dihalamam pertama, di mesin pencarian seperti google mupun di lamam sebuah marketplace, ketika ada calon konsumen yang sedang mencari sebuah produk dengan cara mengetik keyword pada sebuah mesin pencari atau marketplace.

Dengan produk atau toko muncul di halaman awal dibandingkan toko online yang lain, maka kecenderungan toko atau produk dapat dilihat atau bahkan dibeli oleh konsumen yang sedang mencari sebuah produk akan lebih tinggi, sehingga diharapkan tujuan dari perusahaan seperti tinggkat jualan dan keuntungan tinggi dapat dicapai. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar toko online dapat mucul di laman pertama sebuah mesin pencarian maupun marketplace adalah dengan menerapkan teknik SEO seperti yang dipaparkan oleh narasember berikutnya serta membimbing para peserta untuk bagaimana menjalankan teknik SEO dalam pelatihan ini.

Pelatihan ini melibatkan peserta didik sebanyak 140 peserta yang merupakan siswa/i kelas 11, yang sebelumnya juga telah mengikuti kegiatan Abdimas pada sesi pertama. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala sekolah beserta para Guru SMA Muhamadiyah 25 Pamulang.

Dalam sambutannya Kepada Sekolah SMA Muhamadiyah 25 Pamulang Ibu Hj. Zesmita Umar, S.H., menginginkan adanya tindak lanjut dari kegiatan ini, dan berharap akan muncul wirausahawan-wirausahawan muda baru, terutama dari siswa/i SMA 25 Pamulang.

Menanggapi permintaan dan harapan dari kepala sekolah SMA Muhamadiyah tersebut, Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Trisakti School of Management, Ibu Aan Marlinah, S.E., M.Ak., menyambut baik dan menyampaikan bahwa sesuai rencana yang telah dibuat, setelah seluruh rangkaian kegiatan Abdimas selesai dilaksanakan, maka kegiatan berikutnya adalah melakukan pengecekan dan perekapan berapa banyak dari para peserta Abdimas, yang akhirnya tertarik memulai membuat sebuah bisnis, kemudian dari peserta yang telah merintis bisnis baru tersebut, maka akan dilakukan pendapingan dan memberikan pelatihan-pelatihan berikutnya yang dianggap perlu, guna memajukan dan mengembangkan usahanya tersebut.

Diwaktu yang berbeda, Sekretaris P3M TSM, Bapak Nuno Sutrisno, S.E., M.M., CRP. Menyampaikan hal yang sama, terkait tindak lanjut dari kegiatan Abdimas Kewirausahaan TSM ini, bahkan beliau menyampaikan bahwa Program Abdimas Kewirausahaan TSM ini, telah mendapatkan permintaan dari SMA lain yang ingin bekerjasama dalam program ini, terakhir beliau menyampaikan harapannya semoga program ini menjadi salah satu bentuk nyata, sumbangsih Trisakti School of Management dalam turut serta mendukung program pemerintah dalam menumbuhkan dan mengembangkan wirausahawan - wirausahawan muda di Indonesia. (Red).