WAASLOG KASAL BUKA LATIHAN DASAR PERGURUAN PENCAK SILAT WEKASAN CABANG CIBUBUR

Nurul KRedaksi - Sabtu | 20 Juni 2020 | WIB
WAASLOG KASAL BUKA LATIHAN DASAR PERGURUAN PENCAK SILAT WEKASAN CABANG CIBUBUR
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

WAASLOG KASAL BUKA LATIHAN DASAR PERGURUAN PENCAK SILAT WEKASAN CABANG CIBUBUR

Jakarta,- 20 Juni 2020,- Wakil Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Waaslog Kasal) Laksamana Pertama TNI Sudarmoko, S.E., M.M., selaku Ketua Umum Perguruan Pencak Silat (PPS) Wekasan Suprih Ngudi Tunggal membuka latihan Langkah Dasar wilayah Cabang Cibubur, DKI Jakarta, di Jl. Dewa Desa Ciangsana, Gunung Putri, Bogor, Sabtu (20/6).

Kegiatan yang mengambil tema "Lestarikan Budaya, Mewujudkan SDM Berprestasi, Berakhlak dan Berjiwa Ksatria" ini diawali dengan pemutaran video tentang sejarah singkat Perguruan dan dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus. Dalam kesempatan tersebut dikukuhkan Kolonel (Purn) Imam Suroso sebagai Ketua PPS Wekasan S.N. Tunggal Pengda DKI Jakarta dan Kolonel Laut (T) Taufik Arief sebagai Ketua PPS Wekasan S.N. Tunggal Cabang Cibubur.

Laksma TNI Sudarmoko selaku Ketum PPS Wekasan S.N. Tunggal mengatakan, bahwa PPS harus mampu meraih prestasi menuju ke tingkat nasional bahkan tingkat internasional untuk membawa kejayaan bangsa dan negara. "Go nasional dan go internasional merupakan target PPS Wekasan TA 2019, dan pada tahun 2020 ini akan dikukuhkan pengurus Perguruan di wilayah Jawa Tengah dan empat wilayah lainnya", ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PPS Wekasan Pengda DKI Jakarta, Imam Suroso menyatakan bahwa dengan diberi kepercayaan sebagai Ketua PPS Wekasan Pengda DKI Jakarta, menurutbya ada tiga kriteria yang harus dicapai yaitu mampu mengajarkan teknik PPS Wekasan dan menyerap ilmu secepatnya sehingga dapat melatih serta mengukir prestasi. Sedangkan Ketua PPS Cabang Cibubur Kolonel Laut (T) Taufik Arief menyatakan bahwa dua pertiga Keanggotaan PPS Wekasan cabang Cibubur adalah anggota TNI AL, sementara sepertiganya berasal dari masyarakat sipil yang tinggal di sekitar padepokan. "Diharapkan ke depan anggota PPS Wekasan mampu berprestasi di tingkat daerah maupun nasional", ungkapnya.

Kegiatan pembukaan latihan dasar PPS Wekasan ini juga diisi dengan pembacaan ikrar pesilat, demo langkah dasar dan demo sembahan empat dari Kalimantan dan para sesepuh PPS Wekasan. Kegiatan tersebut diakhiri oleh aksi Ketua Umum PPS Wekasan dalam mendemokan beberapa jurus silat.

Hadir dalam acara tersebut Drs M Suronto sesepuh PPS Wekasan wilayah Kalimantan dan Subiyono B.E., selaku pelatih senior di PPS Wekasan.

Demikian berita Dinas penerangan Angkatan Laut.