Mayjen TNI MAR (Purn) Sturman Panjaitan, SH Gelar Sosialisasi 4 Pilar MPRRI

Nurul KRedaksi - Rabu | 05 Februari 2020 | WIB
Mayjen TNI MAR (Purn) Sturman Panjaitan, SH Gelar Sosialisasi 4 Pilar MPRRI
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Mayjen TNI MAR (Purn) Sturman Panjaitan, SH Gelar Sosialisasi 4 Pilar MPRRI

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPRRI yang digelar Wakil Rakyat yang duduk sebagai wakil rakyat di DPRRI dan MPRRI, kini terus dilakukan dalam upaya membangun Wawasan Kebangsaan dan Semangat Bela Negara, bagi Seluruh Rakyat Indonesia, dan pada Rabu, 5 Februari 2020, Wakil Rakyat Anggota MPRRI dari Fraksi PDI Perjuangan Periode 2019 - 2024, Mayjen TNI MAR (Purn) Sturman Panjaitan, SH, menggelar kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Kegiatan Wakil Rakyat daerah pemilihan Kepulauan Riau tersebut, mengambil tempat di Gedung Serbaguna, Gereja Immanuel, Batam Kota, dengan mengambil tema "Peran Masyarakat Dalam Memperkuat Wawasan 4 Pilar Dalam Kehidupan Bergotong-royong", sebagaimana yang tertuang dalam Pancasila, yaitu Sila 3 (Persatuan Indonesia) dan 5 (Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia).

Dalam kesempatan tersebut, Mayjen TNI Mar (Purn) Sturman Panjaitan, SH. Menegaskan bahwa di era global sekarang ini, individualisme menjadi tinggi, sehingga semangat gotong-royong menjadi kendor, padahal kita hidup di negara yang berbudaya luhur serta menjunjung tinggi semangat gotong-royong, kita harus saling membantu sesama manusia, sebagaimana ajaran Agama yang kita anut.

Dan Gotong-Royong merupakan Warisan Budaya Leluhur yang harus kita teruskan dan lestarikan ditengah masyarakat, Gotong Royong memiliki nilai-nilai positif terutama dalam memupuk kerjasama dan kekompakan masyarakat, bangsa Indonesia bisa merdeka taklepas dari Semangat Gotong-royong, untuk itu dalam mengisi pembangunan saat ini semangat Gotong-royong juga sangat dibutuhkan menuju masyarakat yang Adil dan Makmur sebagaimana Cita-cita para Pahlawan dan Pendiri bangsa ini.

Gotong-royong juga sebagai Wujud perbuatang bangsa yang mengandung manfaat meringankan beban orang lain, khususnya di sekitar kita, serta dalam mewujudkan keselamatan dan kesejahteraan bersama, Sebagai rakyat Indonesia, yang berjiwa Pancasila, mari kita buktikan, bahwa kita ini memiliki rasa gotong royong yang tinggi. Yang diwariakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia,

Sudah saatnya kita buktikan bahwa kita adalah rakyat Indonesia, buktikan bahwa kita berjiwa Pancasila, dengan terjun langsung ke lapangan, membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan, mari Semai indahnya nilai gotong-royong, Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, kita satu kesatuan sebagai makhluk ciptaan Tuhan, dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, pinta Mayjen TNI MAR (Purn) Sturman Panjaitan, SH. (Nrl)