Ikatan Alumni Universitas Terbuka Peduli Korban Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Cigudeg

Nurul KRedaksi - Sabtu | 04 Januari 2020 | WIB
Ikatan Alumni Universitas Terbuka Peduli Korban Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Cigudeg
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Ikatan Alumni Universitas Terbuka Peduli Korban Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Cigudeg, Kec. Nanggung, Kab. Bogor

Ikatan Alumni Universitas Terbuka Peduli Korban Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Cigudeg, Kec. Nanggung, Kab. Bogor 1 Januari 2020, banjir bandang dan tanah longsor meluluh lantahkan daerah Cigudeg Kab. Bogor.
Rumah warga banyak yang hancur, jalan utama tertutup tanah longsor, jembatan penghubung antar desa putus tersapu banjir bandang. Warga masyarakat mengungsi ke sekolah-sekolah, kantor kecamatan, puskesmas setempat yang dirasa aman untuk mendapatkan bantuan. Diantara masyarakat tersebut terdapat beberapa mahasiswa UT Bogor yang menjadi korban banjir bandang dan tanah longsor, yang kemudian melaporkan kebutuhan yang saat ini benar-benar diperlukan oleh warga masyarakat di posko pengungsian.

Ikatan Alumni Universitas Terbuka Bogor dan mahasiswa Pokjar Bina Mahunika langsung bergerak membuat aksi Alumni Universitas Terbuka Peduli Korban Banjir Bandang dan Tanah Longsor. Selama 3 hari berhasil mengumpulkan bantuan donasi dana sebesar Rp. 20.730.000,- dan juga berupa beras, makanan instan, biskuit, pakaian layak pakai, popok bayi, selimut, karpet, lilin, air mineral.

Kegiatan ini juga didukung oleh IKA UT Pusat
Minggu, 5 Januari 2020, bantuan logistik didistribusikan langsung ke lokasi posko kemanusiaan yang masih membutuhkan bantuan logistik. Jalur yang ditempuh oleh tim cukup berat dan terjal, di beberapa titik tim masih melewati jalur yang masih dibuka akibat longsor. 3 lokasi yang menjadi konsentrasi utama pemberian bantuan yaitu sbb:

1. Posko Kemanusiaan SMPN Satu Atap Nanggung, Desa Cisarua.
Barang-barang bantuan diterima oleh Ibu Epi Arifah (Ka. SD & SMPN 1 Atap Nanggung).
Beliau juga merupakan Alumni UT PGSD tahun 1994, ruang kelas sekolah ini dijadikan
sebagai tempat istirahat warga yang berjumlah 1300 orang, pos kesehatan, area anak, dan
dapur umum.

2. Posko Penanganan Bencana Komunitas Pendidik Nusa, Desa Nanggung.
Barang-barang bantuan diterima oleh Bapak Arfan (Ketua Komunitas Pendidik Nusa).
Beliau juga merupakan Alumni UT Manajemen, rumah beliau dijadikan tempat
penampungan untuk warga dan anak-anak. Dapur umum juga dibuka di posko ini, sehingga
warga tidak kelaparan.

3. Puskesmas Cigudeg Barang-barang bantuan diterima oleh Ahmad Fath (Petugas Kesehatan Puskesmas Cigudeg). Beliau juga mahasiswa UT Bogor yang juga menjadi korban banjir bandang dan tanah longsor, rumah hancur dan keluarga saat ini berada di posko kemanusiaan.
Ketua Umum IKA UT Pusat - Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko S.IP mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur yang telah mendukung dan membantu bakti sosial ini, semoga Tuhan YME yang membalas kebaikan hati semua. (Red).