ASPERS KASAL PIMPIN RAPAT EVALUASI DAN RENCANA PENERIMAAN PRAJURIT TNI AL TAHUN 2020

Nurul KRedaksi - Kamis | 09 Januari 2020 | WIB
ASPERS KASAL PIMPIN RAPAT EVALUASI DAN RENCANA PENERIMAAN PRAJURIT TNI AL TAHUN 2020
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

ASPERS KASAL PIMPIN RAPAT EVALUASI DAN RENCANA PENERIMAAN PRAJURIT TNI AL TAHUN 2020

Jakarta, 9 Januari 2020 --- Asisten Personel Kepala Staf Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksamana Muda TNI I Nyoman Mandra, M. Sc., CHRMP., memimpin jalannya Rapat Evaluasi dan Rencana Penerimaan Prajurit TNI Angkatan Laut tahun 2020 di Gedung Selasar Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (9/1).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan penerimaan prajurit TNI AL tahun 2019 yang akan menjadi bahan masukan dalam penyusunan kebijakan pada rencana penerimaan prajurit TNI AL tahun 2020.

Forum ini sangat penting bagi kelanjutan pembinaan personel TNI AL bidang penyediaan. Sedangkan tujuan utama penerimaan personel TNI AL adalah untuk pengawakan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dan pengawakan organisasi-organisasi TNI AL.

Dikatakan Aspers Kasal pada kesempatan itu, bahwa prajurit TNI AL yang unggul juga merupakan salah satu komponen dari Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang turut serta mendukung terwujudnya Indonesia maju khususnya dalam pencapaian tugas pertahanan matra laut. Terwujudnya prajurit TNI AL yang unggul, tentunya sangat ditentukan pada saat awal fungsi Pembinaan Personel (Binpers) yaitu fungsi penyediaan.

“Oleh karena itu Lembaga Penyediaan Tenaga TNI Angkatan Laut Dinas Administrasi Personel Angkatan Laut (Lapetal Disminpersal), Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) dan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) yang ditunjuk sebagai Panitia Daerah (Panda), mempunyai peranan sangat penting guna mendapatkan generasi-generasi muda Indonesia yang berkualitas untuk bergabung menjadi anggota TNI AL melalui jalur penerimaan Taruna/Taruni AAL, Bintara dan Tamtama PK TNI AL”, ujar Aspers Kasal.

Selanjutnya menurut Aspers Kasal, proses penerimaan untuk menjaring calon prajurit TNI Angkatan Laut yang berkualitas sangat ditentukan dari seberapa besar animo generasi muda untuk mendaftar sebagai prajurit TNI Angkatan Laut. “Oleh karena itu kita harus dapat mengembangkan strategi kampanye werving yang kreatif dan inovatif sesuai era kekinian guna mendapatkan animo sebanyak-banyaknya”, tambah Laksda TNI I Nyoman Mandra.

“Saya berharap hasil rapat evaluasi ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh Panda. Saya tekankan, bahwa segala sesuatu yang telah didapatkan dalam kegiatan ini, agar diimplementasikan di jajaran masing-masing. Gunakan hasil evaluasi dan kebijakan serta informasi dalam penyelenggaraan penerimaan prajurit TNI AL TA. 2020 di Satuan masing-masing”, pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Asisten Personel (Waaspers) Kasal Laksamana Pertama TNI Budhiyanto, S.T, M.A.P., CHRMP., para Kadis Kewasgiatan Spersal, para Aspers Kotama TNI AL, Aspers Lantamal dan para Danlanal serta para undangan lainnya.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.