KASAL: KOWAL HARUS BERKONTRIBUSI DALAM KEBERHASILAN ORGANISASI TNI AL

Nurul KRedaksi - Senin | 06 Januari 2020 | WIB
KASAL: KOWAL HARUS BERKONTRIBUSI DALAM KEBERHASILAN ORGANISASI TNI AL
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

KASAL: KOWAL HARUS BERKONTRIBUSI DALAM KEBERHASILAN ORGANISASI TNI AL

Jakarta, 6 Januari 2020 --- Kowal Sebagai wanita militer harus mampu berkontribusi terhadap keberhasilan organisasi TNI Angkatan Laut. Selain itu Kowal harus mampu pula mengemban tugas dan tanggung jawab pada saat pelaksanaan tugas, demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. pada acara Silaturahmi Kasal dengan Kowal Wilayah Jakarta dalam rangka memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-57 Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) yang jatuh pada tanggal 5 Januari, bertempat di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (6/1).

Di hadapan 350 Korps Wanita Angkatan Laut Wilayah Jakarta, Kasal menjelaskan peran penting Kowal di antaranya harus mampu mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai pemangku kodrat wanita, yaitu sebagai seorang ibu bagi anak-anaknya dan pendamping suami. Kowal sebagai wanita Indonesia harus menjunjung tinggi etika, menjaga tutur kata, sikap, perilaku dan penampilan yang baik saat dinas maupun di kehidupan sehari-hari. Tidak meninggalkan kodrat kewanitaan sesuai dengan norma budaya dan agama serta ketentuan hukum yang berlaku.

Pada peringatan hari jadinya kali ini dengan mengangkat tema “Profesionalisme Kowal, Pilar SDM Unggul untuk Indonesia Maju”, diharapkan dapat menjadi pemicu semangat dan tekad untuk mempersembahkan karya terbaik Kowal di satuan masing-masing. “Sejak lahir hingga lima puluh tujuh tahun Kowal tetap memegang teguh konsistensi dengan komitmen bahwa tugas adalah yang utama, dengan dilandasi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL”, jelas Kasal.

Di akhir acara Kasal menekankan kepada seluruh Kowal agar menjadi prajurit yang militan dengan tidak meninggalkan kodrat kewanitaan sesuai dengan norma budaya dan agama serta ketentuan hukum yang berlaku. “Dengan tuntutan tugas dan kesetaraan yang semakin maju di organisasi, Kowal harus dapat menempatkan posisi dan memahami tugas dan tanggungjawabnya. Terkait dengan status kodrat kewanitaan yang disandangnya, bahwa hal ini tidak memberikan ruang dan kedudukan istimewa bagi Kowal dan tidak membedakan hak serta kewajibannya bila dibandingkan dengan prajurit pria serta selalu memegang teguh komitmen keseimbangan antara sebagai prajurit dan ibu rumah tangga”, tegas Kasal.

Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan Tarian Tifa dan kolaborasi tarian serta Silat oleh personel Kowal. Selain itu, Kasal yang didampingi oleh Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena Ibu Manik Siwi Sukma Adji memberikan penghargaan kepada Kowal yang berprestasi yakni, Sertu BAH/W Ririn Puji Astuti, dan Serda TTU/W Tika dari Kolinlamil, Jakarta.

Hadir dalam acara tersebut, Wakasal Laksdya TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., beserta Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ny. Dien Mintoro Yulianto, para Asisten Kasal, para Pangkotama TNI AL Wilayah Jakarta, para Kepala Dinas di lingkungan Mabesal, para Pengurus Pusat Jalasenastri, dan para Kowal wilayah Jakarta.

Demikian Berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.