HUT KE-57 TAHUN, KOWAL BERIKAN PENGABDIAN TERBAIK KEPADA BANGSA DAN NEGARA

Nurul KRedaksi - Senin | 06 Januari 2020 | WIB
HUT KE-57 TAHUN, KOWAL BERIKAN PENGABDIAN TERBAIK KEPADA BANGSA DAN NEGARA
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

HUT KE-57 TAHUN, KOWAL BERIKAN PENGABDIAN TERBAIK KEPADA BANGSA DAN NEGARA

Jakarta, 6 Januari 2020, Pada usia ke-57 Tahun, Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) mampu memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara. Demikian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., mengawali amanatnya yang disampaikan Asisten Personel (Aspers) Kasal Laksamana Muda TNI I Nyoman Mandra, M. Sc., CHRMP., pada saat memimpin jalannya upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-57 Kowal di Lapangan Brigif-1 Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (6/1).

“Peringatan HUT Kowal merupakan momentum evaluasi dan instropeksi diri dalam upaya meningkatkan kinerja Kowal ke depan. Kowal sebagai wanita militer harus mampu berperan dan berkontribusi terhadap keberhasilan organisasi TNI Angkatan Laut serta mampu mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai pemangku kodrat wanita dalam berkarier secara serasi, selaras, seimbang dan profesional dalam tugasnya. Sebagai wanita Indonesia, Kowal harus menjunjung tinggi etika, menjaga tutur kata, sikap, perilaku dan penampilan yang baik pada pelaksanaan tugas maupun kehidupan sehari-hari“, tegas Kasal.

Selanjutnya dikatakan Kasal, dengan tuntutan tugas dan kesetaraan yang semakin maju di organisasi, Kowal harus dapat menempatkan posisi dan memahami tugas dan tanggungjawabnya. Terkait dengan status kodrat kewanitaan yang disandangnya, bahwa hal ini tidak memberikan ruang dan kedudukan istimewa bagi Kowal serta tidak membedakan hak dan kewajibannya.

Upacara peringatan HUT Kowal kali ini mengusung tema “Profesionalisme Kowal, Pilar SDM Unggul Untuk Indonesia Maju”, diikuti oleh 2 Batalyon dengan Komandan Upacara Letkol Laut (S/W) Silvi Damayanti. Batalyon 1 terdiri dari 1 Kompi Perwira Menengah (Pamen), 1 Kompi Perwira Pertama (Pama), dan 1 Kompi Bintara Tinggi (Bati), sementara Batalyon 2 terdiri dari 3 Kompi Bintara Bersenjata. Seluruh Pasukan Upacara berdiri dengan latar belakang berbagai Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dimiliki oleh Korps Marinir seperti 4 unit BMP 3F, 4 unit LVT 7 A1, 2 unit K61 dan 4 unit BTR 4.

Usai upacara, dilanjutkan dengan kegiatan pelepasan Purna Tugas 18 orang Perwira Kowal yang memasuki masa purna bhakti. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai aksi demonstrasi seperti Kolone Senapan, Bela Diri Militer, hingga Tari-tarian seperti Rampak Bedug dan Tari Genjring.

Turut hadir pada kesempatan tersebut para Pejabat Utama Mabesal, para Pimpinan Kotama TNI AL Wilayah Barat, para Kepala Dinas jajaran Mabesal, serta para Perwira Tinggi Purnawirawan Kowal.

Demikian Berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.