WAKASAL TUTUP KOMPETISI OLAHRAGA AIR HUT KE-74 TNI

Nurul KRedaksi - Senin | 14 Oktober 2019 | WIB
WAKASAL TUTUP KOMPETISI OLAHRAGA AIR HUT KE-74 TNI
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

WAKASAL TUTUP KOMPETISI OLAHRAGA AIR HUT KE-74 TNI

Jakarta, 13 Oktober 2019--- Di hari terakhir kompetisi olahraga air dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., secara resmi menutup kompetisi dua cabang olahraga renang dan dayung perahu naga yang berhasil menarik animo 1.313 peserta, bertempat di Ancol Beach City, Jakarta Utara, Minggu, (13/10).

Kasal dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wakasal antara lain menyampaikan bahwa, antusiasme masyarakat dan peserta kompetisi olahraga air ini semakin diminati khususnya generasi muda bangsa. Oleh karenanya, menjadi indikator penunjang bahwa budaya maritim dan cinta bahari, secara bertahap namun pasti telah tertanam kembali di dalam jiwa generasi penerus bangsa.

“Di dalam pikiran nan sehat terdapat pada tubuh nan sehat”, artinya bahwa semakin sehat tubuh kita melalui olahraga, maka pikiran pun semakin sehat. Sehingga semangat inilah yang memaknai penyelenggaraan kompetisi olahraga ini, tutur Kasal mengungkapkan pepatah seorang pujangga romawi Decimus Iunius Juvenalis.

Pada kegiatan penyerahan hadiah kepada para pemenang, Wakasal Laksdya TNI Wuspo Lukito didampingi Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) TNI AL, Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas secara simbolis mengalungkan medali kepada pemenang lomba dayung perahu naga kategori TNI-Polri yaitu, Juara I Kolinlamil, Juara II Brigif 4 Mar BS, Juara III Puspomal, Juara IV Koarmada I dan Juara V Koarmada II A. Selain medali, para pemenang juga mendapatkan piala dan uang pembinaan. Adapun daftar juara kompetisi olahraga air lainnya yaitu:

1. Dayung Perahu Naga, 10 pedayung kategori umum jarak 500 meter :
Juara I Brigif 4 Mar BS, Juara II Puspomal A, dan Juara III PODSI Banten.

2. Fins Swimming TNI – Polri Putra 6000 meter :
Juara I Andrew Paulinus dari Koarmada II, Juara II Kartiko Alfredo Hasibuan dari Mabesal dan Juara III Sheva Bima Firmansyah dari Pushidrosal.

3. Fins Swimming TNI - Polri Putri 3000 meter :
Juara I Angela Patricia Vanya dari Mabesal, Juara II Camelia Widya Putri dari Pussenarmed, Juara III Ni Luh Putu M dari Koarmada II.

4. Renang laut tanpa alat TNI – Polri Putra jarak 1500 meter :
Juara I Aloysius Reckyardo M dari Kodam IV Diponegoro, Juara II Fadlansyah dari Kodam II Sriwijaya, Juara III Ghifary Mawegi A. dari Pussenarmed.

5. Renang laut tanpa alat TNI – Polri Putri jarak 1500 meter :
Juara I Ressa Kania Dewi dari Pussenarmed, Juara II Ni Luh Made Citradewi dari Mabesal, Juara III Wahyu Riyanti dari Secapa AD.

6. Renang laut umum usia di atas 14 tahun Putra jarak 3000 meter :
Juara I Joe Aditya Wijaya K dari Pari Sakti, Juara II Rashief Amila Yakin dari Aquarius Bandung, Juara III Dwiki Anugrah dari Pari Sakti.

7. Renang laut umum usia di atas 14 tahun Putri jarak 3000 meter :
Juara I Ressa Kania Dewi dari Millenium Jangar, Juara II Pada Hanan Farmadini dari Aquarius Bandung, Juara III Virgin Silvia Natan dari Aquarius Bandung.

8. Renang laut umum usia 10 s.d. 13 tahun Putra jarak 1000 meter :
Juara I Bryan Haganta Tarigan dari Millenium Aquatic Jakarta, Juara II Zeldi Oktaviansyah dari MLA Jakarta, Juara III Ariel Zikri dari Aquarius Bandung.

9. Renang laut umum usia 10 s.d. 13 tahun Putri jarak 1000 meter :
Juara I Naurah Chalisa Adeputri dari Wijaya Swimming Club, Juara II Mutiara Bunga Shafa dari Aquarius Bandung, Juara III Jesica Dwidi Danuarisa dari Pari Sakti.

10. Eksebisi dayung perahu karet Sakabahari SLTA se-Jakarta, :
Juara I SMAN 92 Jakarta, Juara II Tim B Saka Bahari Depok dan Juara III Tim A SMKN 61 Jakarta

Turut menghadiri penutupan olahraga air tersebut antara lain, para Asisten Kasal, Pimpinan Kotama TNI AL, para Kadis di jajaran Mabesal, para perwakilan TNI-Polri, perwakilan Pemprov DKI Jakarta, dan Pengurus Cabang Olah Raga, serta Direktur Utama Jaya Ancol.