651 Wisudawan STP Trisakti Siap Mengabdi Untuk Kemajuan Pariwisata Indonesia

Nurul KRedaksi - Minggu | 06 Oktober 2019 | WIB
651 Wisudawan STP Trisakti Siap Mengabdi Untuk Kemajuan Pariwisata Indonesia
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

651 Wisudawan STP Trisakti Siap Mengabdi Untuk Kemajuan Pariwisata Indonesia

Jakarta, SP
Sidang Terbuka Senat Akademik Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STP Trisakti) dengan acara tunggal Wisuda Program Magister, Sarjana Terapan, Diploma III dan Diploma I, tahun akademik 2018-2019, yang digelar di Jakarta Convention Center Sabtu 5 Oktober 2019, sebagai bentuk pelepasan mahasiswa STP Trisakti yang telah menyelesaikan tugas akademik, dan 651 Wisudawan telah siap mengabdi pada bangsa dan negara dalam membangun kepariwisataan tanah air.

Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati, SE,MM dalam kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih pada orang tua wisudawan yang telah memberikan kepercayaan pada STP Trisakti sehingga hari ini bisa selesai studi menjadi penerus pembangunan bangsa yang profesional bidang Hospitality dan Pariwisata serta berkarakter Pancasila yang siap berkontribusi untuk kepentingan keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, tegasnya.

STP Trisakti juga mengucapkan terimakasih pada Wisudawan yang telah mengukir prestasi di kancah nasional maupun internasional, dan mampu membawa nama baik STP Trisakti dengan menjuarai berbagai lomba bidang Hospitality dan Pariwisata, dan mengucapkan terimakasih pada Dunia Usaha maupun Perguruan Tinggi di dalam dan luar negeri sebagai mitra STP Trisakti, paparnya.

Ketua I Badan Pengurus Yayasan Trisakti, Dr Hillarion Widyatmoko dalam sambutannya menegaskan bahwa yayasan mendukung penuh STP Trisakti dalam mencetak SDM Unggul dibidang Pariwisata, sejalan dengan visi misi Yayasan Trisakti.

STP Trisakti telah membentuk sikap dengan dasar-dasar umum dan keahlian yang cukup, sehingga wisudawan diharapkan akan mampu menghadapi tantangan dan persaingan yang ada di hadapan kita, dengan keahlian yang didapatkan selama studi di STP Trisakti diharapkan agar menjadi Harimau-harimau dan bukan kambing, dengan kemampuan bersaing di dunia internasional dan mudah beradaptasi dengan lingkungan di manapun berada.

Dan dari diri anda akan muncul terobosan sesuai kompetensi yang dimiliki, yaitu bidang pariwisata, dan dengan dasar ilmu dan keterampilan maka Wisudawan yang telah selesai studi, teruslah belajar untuk selalu mengikuti perubahan yang terjadi, baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka mengembangkan diri, dan terus tingkatkan kompetensi masing-masing sesuai ilmu pengetahuan yang sudah diperoleh, sebagai modal utama untuk mendarmabaktikan kepada negara tercinta, dalam rangka membangun bangsa dan negara melalui bidang yang sudah ditekuni dan kekuasaannya.

Jadikanlah keberadaan saudara yang bermanfaat bagi lingkungan di manapun berada dan mencapai mempelopori pembangunan yang berkelanjutan dan sesuai arti Trisakti yang Mandiri secara Ekonomi, Mandiri secara Politik dan Mempertahankan Budaya Bangsa, serta tetap menjaga Kebhinekatunggalikaan, pintanya.

Plt Ketua LL DIKTI Wilayah III Jakarta, Dr M Syamsuri meminta pada wisudayan yang memiliki sifat rendah hati sehingga bisa mendengar nasihat orang lain, bukan hanya ingin di dengar, ini modal dasar untuk sukses, sukses yang sebenarnya bukan diukur dari harta dan gelar, namun bagaimana anda memberikan manfaat untuk sesama dan orang banyak, pintanya.

Diakuinya bahwa pemerintah saat ini sedang meningkatkan pendidikan Vokasi, karena pada kenyataannya dunia kerja membutuhkan orang-orang yang memiliki keahlian dan keterampilan khusus sebagaimana yang dibutuhkan dunia industri tersebut, yaitu tenaga yang memiliki keterampilan tinggi dan saat ini sudah masuk eranya, dimana orang yang keterampilan rendah akan sulit bersaing namun yang tingkat keterampilannya tinggi akan sangat dibutuhkan di dunia kerja, seperti hari ini kita saksikan beberapa hotel bertaraf internasional, telah menjadi di Mitra STP Trisakti. Saya berharap para lulusan akan terus menggali potensi yang dimilikinya, sehingga bisa bersaing hari ini dan dimasa depan, papar Dr. M Syamsuri.

Charles Yeung L & D Manager W Hotel Hongkong didampingi Mr Ronald Poon, Direktur Of Learning The Ritz Carton Hongkong disela Wisuda STP Trisakti menjelaskan bahwa kerjasama dengan STP Trisakti sudah berjalan lama, dengan memberikan kesempatan mahasiswa untuk Praktek Kerja serta Magang, bahkan banyak alumni yang juga diterima kerja di W Hotel Hongkong maupun Ritz Carton Hongkong, kami bangga bisa bermitra dalam menyiapkan tenaga bidang Perhotelan bersama STP Trisakti, ungkapnya.

Yanuar, Asisten Direktur JW Marriott Jakarta juga menambahkan, bahwa untuk perekrutan karyawan di JW Marriott Grub sebelumnya memberikan training atau pendidikan tambahan bagi calon pegawai (kursus singkat) dan hal ini telah bekerjasama dengan STP Trisakti, dan tiap tahun menerima 20 hingga 30 orang, sesuai keahlian yang dibutuhkan, sesuai kompetensinya, setelah di training akan ditempatkan pada posisi yang tepat, kami bermitra dengan STP Trisakti karena seluruh pembelajarannya sesuai dengan jurusan yang dibutuhkan grub JW Marriott, ungkapnya.

Mrs Ruziah Zain, Direktur Dorsett Grand Subang didampingi Mr Affizan Arifin HR Manager Dorsett Kuala Lumpur Malaysia menjelaskan bahwa Dorsett Hotel Malaysia Grub telah membuka seluas-luasnya bagi Mahasiswa STP Trisakti untuk melakukan training di hotel-hotel Malaysia, hal ini karena mehasiswa STP Trisakti semua bagus-bagus dan kompetensinya sesuai yang diinginkan grub hotel Dorsett Malaysia. (Nrl)