Kepala Bakamla RI Menerima Courtesy Call JICA

Nurul KRedaksi - Rabu | 18 September 2019 | WIB
Kepala Bakamla RI Menerima Courtesy Call JICA
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Kepala Bakamla RI Menerima Courtesy Call JICA

Jakarta, Senin 16 September 2019 (Humas Bakamla RI/PR Indonesian Coast Guard)
Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A. Taufiq R., menerima Courtesy Call Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) di ruang rapat podcast Mabes Bakamla, Jl. Proklamasi No.56, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (16/9/19).

Rombongan JICA/JCG Mission yang hadir antara lain Assistant Director JICA Yusuke Teraoka dan tiga Japan Coast Guard Officer yaitu Norikazu Higuchi, Jun Kawai dan Yuki Morimasa.

Kunjungan kehormatan ini dalam rangka mendiskusikan apa yang dituangkan dalam perjanjian kerja sama bilateral antara Bakamla dan Japan Coast Guard melalui penandatanganan Memorandum of Cooperation (MoC) di Tokyo 26 Juni 2019 lalu. Merupakan suatu kebanggaan bagi kami dapat melakukan pertukaran MoC. Pada dasarnya kami akan membantu Bakamla dalam pembangunan dan pengembangan Bakamla kedepan dalam bidang pendidikan dan pelatihan. Selain itu juga kerja sama dalam bidang keamanan maritim.

Kepala Bakamla mengatakan bahwa pada dasarnya Coast Guard adalah institusi yang bergerak di laut dan kita juga menyadari punya ancaman di laut, kita tidak bisa menghadapi sendiri perlu adanya kerjasama.

Pertemuan ini merupakan lanjutan dari hasil penandatangan MoC sebelumnya, tentunya kita berkeinginan untuk meningkatkan kerjasama antara Bakamla dengan JCG. Saya pribadi sangat menyadari bahwa Bakamla sebagai Coast Guard baru berjalan 5 tahun masih muda. Kita ingin bertukar pikiran dan belajar dari pengalaman untuk bisa meningkatkan Bakamla agar bisa menjalankan tugas sampai Coast Guard yang diharapkan. "Dan untuk mencapai itu saya dan seluruh staf sangat terbuka untuk kita berdiskusi," kata Kepala Bakamla.

Dikatakan pula oleh Kepala Bakamla bahwa dalam perjanjian MoC ada empat point yang dikembangkan yaitu pertama, meningkatkan kapasitas di bidang keamanan dan keselamatan maritim, latihan, pendidikan. Kedua, mengadakan pertemuan tahunan. Ketiga, pertukaran informasi dan komunikasi. Keempat, kegiatan-kegiatan yang disepakati oleh Bakamla dan JCG. Namun yang menjadi sorotan bagi kami adalah peningkatan kapasitas personel dalam pendidikan dan pertukaran informasi.

Yusuke Teraoka mengatakan dua fokus yang disampaikan Kepala Bakamla terkait pengembangan SDM Bakamla dan pertukaran informasi dapat kiranya kita kerjakan bersama. "Untuk masalah pendidikan dan pelatihan mungkin dalam waktu dekat ini dapat kami share kepada Bakamla," Kata Yusuke.

Turut mendampingi Kepala Bakamla, Sestama Bakamla Laksda Bakamla S Irawan, S.E., Direktur Hukum Bakamla Laksma Bakamla Eddy Rate Muis, S.H., M.H., Kepala Subdirektorat Dukungan Operasi Udara Kolonel Bakamla Aries Yudho Nugroho, S.AP, Kasubdit Kerjama Luar Negeri Kolonel Satya Pratama, S.Sos., M.Sc., dan Kasubdit Penyuluhan dan Sosialisasi Hukum Kolonel Bakamla Faisol, S.H.

Autentikasi : Kasubbag Humas Letkol Bakamla Mardiono