Dari 33 Kontingen, KOARMADA III URUTAN KEENAM KEJURNAS KARATE PIALA PANGLIMA TNI

Nurul KRedaksi - Rabu | 18 September 2019 | WIB
Dari 33 Kontingen, KOARMADA III URUTAN KEENAM KEJURNAS KARATE PIALA PANGLIMA TNI
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Dari 33 Kontingen, KOARMADA III URUTAN KEENAM KEJURNAS KARATE PIALA PANGLIMA TNI

Kontingen Komando Armada (Koarmada) III pada event Kejuaraan Nasional Karate memperebutkan Piala Panglima TNI Tahun 2019, telah bertarung habis-habisan dengan mengerahkan seluruh kemampuan yang dimilikinya. Pertarungan pantang menyerah tersebut berhasil merebut dua medali perak dan menempati posisi urutan keenam dari 33 kontingen TNI - Polri pada Kejurnas Karate yang diselenggarakan Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, tanggal 13 s.d. 16 September 2019.
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang diwakili oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Joni Supriyanto secara resmi menutup Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Karate Piala Panglima TNI ke-VII tahun 2019, bertempat di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin sore (16/9/2019).

Panglima TNI dalam sambutannya yang dibacakan Kasum TNI menyampaikan ucapan selamat kepada para karateka yang telah berhasil memperoleh prestasi-prestasi terbaik. “Saya turut bangga atas pencapaian tersebut. Teruslah berlatih agar dapat meningkatkan prestasi di event-event mendatang. Bagi atlet yang belum memperoleh peringkat terbaik, saya yakin saudara-saudara tidak akan menyerah. Saya percaya para karateka sekalian justru akan lebih gigih berlatih, berlatih dan berlatih. Itulah komitmen seorang karateka dan komitmen atlet yang paripurna,” ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Sementara itu, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., menyampaikan apresiasi, penghargaan, dan terimakasih kepada Kontingen Karate Koarmada III. Dari 33 kontingen, Koarmada III urutan keenam, medali secara fisik empat perak, tetapi secara kelas pertandingan dua perak, ungkap Pangkoarmada III kepada seluruh anggota Koarmada III, Selasa (17/9).

Sebanyak 1.066 atlet mengikuti Kejurnas Karate memperebutkan Piala Panglima TNI Tahun 2019 yang terdiri atas 402 atlet TNI dan Polri (334 putra dan 68 putri) dan 664 atlet umum (373 putra dan 291 putri). TNI – Polri menurunkan 33 kontingen termasuk Kontingen Koarmada III, sedangkan perguruan dan Pengprov Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (FORKI) sebanyak 45 kontingen.

Atlet yang mengikuti Kejurnas tersebut dibagi dua kelas, yaitu kelas senior dan kelas yunior. Kontingen Koarmada III bertanding di Kelas Senior Putra, yaitu Kata Perorangan, Kumite Perorangan Putra -55 kg dan Kumite Perorangan Putra -67 kg serta Kumite Beregu Putra. Kelas Senior Putri yaitu Kumite Perorangan Putri -55 kg, Kumite Perorangan Putri -61 kg.