PERlNGATI HARI JADINYA KE-74, TNI AL TAMPILKAN ATRAKSI BELADIRI DAN GELAR NAVAL BASE OPEN DAY

Nurul KRedaksi - Selasa | 10 September 2019 | WIB
PERlNGATI HARI JADINYA KE-74, TNI AL TAMPILKAN ATRAKSI BELADIRI DAN GELAR NAVAL BASE OPEN DAY
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

PERlNGATI HARI JADINYA KE-74, TNI AL TAMPILKAN ATRAKSI BELADIRI DAN GELAR NAVAL BASE OPEN DAY

Tanggal 10 September memiliki arti yang sangat pentlng bagi TNI Angkatan Laut. karena berdasarkan fakta sejarah. tanggal 10 September 1945 merupakan hari lahirnya Badan Keamanan Rakyat Bagian Laut (BKR Laut). yang merupakan tonggak sejarah berdirinya TNI Angkatan Laut. Dengan mengusung tema, "Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun SDM Unggul, Fondasi Indonesia Maju", peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI AL akan melibatkan 1.134 personel dari Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Markas Komando (Mako) Koarmada I, prajurit KRI jajaran Koarmada l. Kolinlamil, Korps Marinir, Seskoal serta Pushidrosal. Sedangkan puncak acara peringatan hari jadi TNI AL tersebut dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.. di Dermaga Pondok Dayung Koarmada I, Jakarta Utara, Selasa (10/9).

Sejarah Hari Jadi TNI Angkatan Laut. dimulai pada saat Pemerintah Indonesia mendirikan Badan Keamanan Rakyat Bagian Laut (BKR Laut) yang diprakarsai oleh mantan anggota Koninklijke Marine guru dan murid Sekolah Pelayaran Tinggi, Sekolah Pelayaran Rendah. pegawai dari Jawa Unko Kaisha, Kaigun Heiho dan pemuda pecinta laut lainnya. Pembentukan BKR Laut inilah yang akhirnya menggetarkan organisasi dan perkumpulan kemaritiman di Tanah Air untuk membentuk BKR Laut di daerah-daerah. Oleh karena itu, untuk menghormati jasa para pendiri BKR Bagian Laut. maka setiap tanggal 10 September ditetapkan sebagai hari lahirnya TNI Angkatan Laut.

Dalam peringatan HUT Ke-74 TNI AL Tahun 2019 ini. akan dilaksanakan penyematan penganugerahaan tanda kehormatan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI dan XXIV tahun. Selain itu juga menampilkan demonstrasi upacara parade dan defile yang melibatkan pasukan upacara yang terdiri dari 1 unit Korsik gabungan Mabesal, Lantamal III Jakarta dan Lanmar Jakarta, kelompok Panji TNI AL, 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Perwira gabungan (Pamen dan Pama) dari Mabesal, Kormar dan Kolinlamil, 1 Satuan Setingkat Batalyon (SSY) Gabungan dari Puspomal dan Kowal, 1 SSY Bintara gabungan dari Kormada I dan Kolinlamil, 1 SSY Tamtama Gabungan dari Kolinlamil, Pushidrosal dan Seskoal, 1 SSY Marinir dari Kormar, 1 SSY Gabungan dari Dislambair dan Puspenerbal, 1 SSY Gabungan Kopaska dengan Taifib, 1 SSK gabungan Kompi PNS dan Kompi Gabungan Saka Bahari.

Dalam peringatan hari jadinya kali ini, TNI Angkatan Laut akan menampilkan demonstrasi beladiri gabungan yg terdiri dari Kopaska Martial Art Koarmada l, Aikido Kopaska Koarmada I, Tim Karate Koarmada I, Jiu Jitsu Dislambair Koarmada I, serta unsur KRI dan Ranpur antara lain: KRI Bung Tomo-357, KRI Sutanto-377, KRI Sultan Thaha Syaifuddin-376, KRI Sembilang-aso, KRI Torani-860, KRI Teluk Cirebon-543 dan 4 Unit BTR.

Pada kesempatan tersebut juga akan digelar Naval Base Open Day dengan kegiatan pameran Alutsista TNI AL yang akan menampilkan kapal perang, dan helikopter TNI AL. Selain itu juga digelar demo terjun payung oleh penerjun dari prajurit Kopaska dan Marinir. serta panggung hiburan dan bazar yang dibuka untuk masyarakat umum.

Sebelumnya telah dilaksanakan pula berbagai rangkaian kegiatan di antaranya pengobatan umum yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Koarmada I, pengobatan massal dan donor darah bekerja sama dengan PMI DKI Jakarta, dan bhakti sosial (baksos) kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Koarmada I, serta ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata dengan melibatkan 200 personel dari Koarmada I serta Lantamal III Jakarta.

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE,MM dalam sambutannya menegaskan, sebagaimana program Pemerintah, TNI Angkatan Laut tahun ini fokus pada peningkatan pembangunan sumber daya manusia, karena tingginya tingkat profesionalisme dan komitmen yang ditunjukkan oleh prajurit dan PNS TNI angkatan laut, dengan jelas merupakan bekal pokok di jalur kemajuan bangsa Indonesia.

Tepat kiranya pada peringatan Haul kali ini tema yang diambil yaitu "Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun SDM Unggul", perlu kita sadari bersama bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual fisik dan moral, dengan faktor sumber daya manusia, sebagai tulang punggungnya. dengan demikian keunggulan SDN angkatan laut merupakan tuntutan yang sudah tidak dapat ditawar-tawar lagi, kita semua berkeinginan agar TNI Angkatan Laut diawaki oleh Prajurit yang terlatih, terdidik, dilengkapi dijamin kesejahteraannya, sesuai dengan jati diri prajurit TNI sebagai tentara profesional.

Kebijakan pembangunan TNI Angkatan Laut ke depan selain untuk mencapai kesiapan operasional, juga diarahkan pada peningkatan profesionalisme personel lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan di lingkungan angkatan laut harus mampu membangun karakter prajurit yang mampu menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan tantangan tugas, serta memiliki kejuangan yang tinggi. sehingga mampu menghadapi perubahan dan persaingan dunia yang semakin ketat, yang membutuhkan kualitas SDM, Kedepan kita membutuhkan SDM yang menguasai keterampilan dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi keangkatan lautan, sekaligus berbudi pekerti luhur dan yang kuat.

Dalam upaya membangun SDM TNI Angkatan Laut yang unggul sebagai prajurit profesional yang berpedoman pada Sumpah Prajurit Sapta Marga, 8 Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut ke-3, kembangkan diri dan tingkatkan kesiapsiagaan untuk mampu menghadapi tantangan Global yang semakin kompleks dan dinamis, dengan mengembangkan pola pikir dan pola tindak yang adaptif, produktif, inovatif dan kompetitif semangat persatuan dan kesatuan bangsa dengan semua lapisan masyarakat sebagai kekuatan dasar sistem pertahanan negara kita dan tingkatkan jiwa kekeluargaan sesama prajurit TNI dan soliditas, serta sinergitas TNI Angkatan Laut dan kepolisian negara Republik Indonesia di manapun kalian bertugas serta kembangkan intuisi dan naluri sebagai prajurit matra laut serta tanamkan nilai-nilai maupun tradisi TNI Angkatan Laut dalam kehidupan sehari-hari, pinta Kasal.(Nrl)