KOLINLAMIL AUDIT INTERNAL PENGGUNAAN BAHAN BAKAR KRI

Nurul KRedaksi - Kamis | 15 Agustus 2019 | WIB
KOLINLAMIL AUDIT INTERNAL PENGGUNAAN BAHAN BAKAR KRI
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

KOLINLAMIL AUDIT INTERNAL PENGGUNAAN BAHAN BAKAR KRI

Jakarta, 14 Agustus 2019, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan Audit Internal atau pengawasan dan penertiban administrasi penggunaan Bahan Bakar Minyak dan Pelumas (BMP) Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) jajaran Satlinlamil Surabaya.

Inspektorat Kolinlamil yang berfungsi sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) melakukan pengecekan mulai dari prosedur permintaan, pelaksanaan pengisian hingga administrasi penggunaan logistik cair, baik bahan bakar minyak maupun pelumas, khususnya di KRI Bintuni 520 dan KRI Banjarmasin 592, Rabu (14/8).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Inspektur Kolinlamil, Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom, S.E., M.Si (Han) didampingi 5 perwira dari Staf Intelijen, Staf Logistik dan Inspektorat. Mereka meninjau langsung kedua KRI yang sedang dalam kondisi depo. Adapun pengawasan dan penertiban yang dilakukan diantaranya pengecekan jurnal buku merah, laporan mingguan mesin, jurnal logistik cair dan jurnal laporan computer.
Irkolinlamil juga memberikan pengarahan untuk perbaikan dan penyesuaian antara buku jurnal operasi dan jurnal mesin.

Pangkolinlamil, Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. memerintahkan Inspektorat untuk melaksanakan pengawasan dengan tujuan agar tertib administrasi dan tidak ada penyalahgunaan BBM. Selain itu juga untuk mengetahui secara langsung berbagai permasalahan yang terjadi di lapangan, walaupun pada saat proses pengisian ada tim pengawas yang terdiri dari anggota/perwira Staf Logistik, Staf Operasi, Staf Intelijen, Dismatbek, Provoost dan Dinas Penerangan. (Dispen Kolinlamil).