WADAN SESKOAL TUTUP SEMINAR FORUM STRATEGI PERWIRA MAHASISWA DIKREG SESKOAL

Nurul KRedaksi - Selasa | 13 Agustus 2019 | WIB
WADAN SESKOAL TUTUP SEMINAR FORUM STRATEGI PERWIRA MAHASISWA DIKREG SESKOAL
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

WADAN SESKOAL TUTUP SEMINAR FORUM STRATEGI PERWIRA MAHASISWA DIKREG SESKOAL

Seskoal, 13 Agustus 2019, -- Wakil Komandan (Wadan) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Laksamana Pertama TNI Tatit E. Wijaksana., M.Tr (Han) secara resmi menutup Seminar Forum Strategi Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-57 TA. 2019 di Kelas A Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa (13/8). Hadir dalam acara tersebut para Pejabat, Dosen dan Patun Seskoal.

Dalam sambutan Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D., yang dibacakan Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Tatit E. Wijaksana., M.Tr (Han), mengatakan kegiatan forum strategi ini merupakan pemecahan permasalahan strategi secara menyeluruh dalam rangkaian Forum Strategi I hingga IV. Kegiatan ini merupakan gambaran proses perencanaan strategi pertahanan Negara jangka sedang dengan kurun waktu lima tahun.

Pada Forum Strategi I para Perwira Mahasiswa diberikan kesempatan untuk menerapkan teori dengan menganalisis perkembangan lingkungan strategi guna merumuskan ancaman serta sekaligus menentukan pilihan strategi yang akan digunakan dalam menghadapi ancaman. Untuk Forum Strategi II, disini menitikberatkan pada analisis kemampuan Sumber Daya Nasional yang ada di daerah untuk dapat digunakan sebagai masukan dan mendukung penyelenggaraan pertahanan Negara dilaut. Sedangkan Forum Strategi III merupakan pembahasan dalam rangka perencanaan membangun struktur kekuatan Angkatan Laut sekaligus pernyataanperhitungan resiko dari hasil pembangunan jika dihadapkan dengan ancaman. Hasil dari pembangunan kekuatan diarahkan dan disebar guna menghadapi arah datangnya ancaman yang merupakan kegiatan Forum Strategi IV.

Diakhir sambutannya, Danseskoal menyampaikan banyak hal yang telah diperoleh Perwira Mahasiswa selama ini tidak kalah pentingnya adalah pengalaman berharga dalam memecahkan masalah kompleks secara kolektif dalam suasana kebersamaan, pengalaman ini hendaknya dapat dijadikan modal bagi Perwira Mahasiswa dalam menyongsong penugasan setelah pendidikan.