PANGKOARMADA III: PERAN AUDIT KINERJA SANGAT DIBUTUHKAN

Nurul KRedaksi - Selasa | 13 Agustus 2019 | WIB
PANGKOARMADA III: PERAN AUDIT KINERJA SANGAT DIBUTUHKAN
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

PANGKOARMADA III: PERAN AUDIT KINERJA SANGAT DIBUTUHKAN

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI I N.G. Ariawan, S.E., M.M., menegaskan bahwa audit kinerja dirasakan besar perannya dalam upaya menjamin produktivitas, efisiensi dan efektivitas pengelolaan sumber daya manusia dalam rangka pencapaian tugas pokok organisasi. Peran tersebut diperlukan dalam rangka menjawab tuntutan perkembangan lingkungan yang mendorong semakin pentingnya penerapan sistem manajemen modern di seluruh aspek pembinaan.

Untuk menjamin tercapainya tugas pokok organisasi secara optimal dihadapkan keterbatasan sumber daya, sangat dibutuhkan adanya proses perencanaan secara cermat dan akurat disertai supervisi yang menyentuh seluruh aspek kegiatan dalam organisasi. “Ini berarti menempatkan fungsi dan peran audit kinerja menjadi semakin penting guna mewujudkan terselenggaranya pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang benar sampai satuan-satuan tingkat bawah,” tegas Pangkoarmada III dalam sambutan tertulis yang dibacakan Inspektur Koarmada III Kolonel Laut (T) Sandhy Rodeman Aipassa, S.E., M.M., pada acara penutupan Audit Kinerja Koarmada III di gedung Markas Panglima Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat, Senin (12/8) sore.

Menurut Pangkoarmada III bahwa Tim Audit Kinerja Itjen TNI sebagai mitra kerja yang dapat meningkatkan kemitraan antara pelaksana kegiatan sebagai obyek, dan tim audit sebagai supervisi kegiatan. Kondisi tersebut dapat meningkatkan hubungan yang harmonis secara timbal balik yang pada gilirannya dapat mewujudkan komunikasi yang lebih transparan. Penutupan Audit Kinerja di Koarmada III dihadiri Tim Audit Irum Itjen TNI, para Asisten Pangkoarmada III, dan Kepala Dinas Koarmada III.
Dikatakan bahwa Koarmada III menempatkan temuan-temuan Tim Audit Kinerja Itjen TNI sebagai landasan mawas diri dalam upaya lebih meningkatkan langkah-langkah nyata, untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi yang sudah baik, dan memperbaiki segala kekurangan atau kelemahan yang ada pada masa-masa mendatang.

Seluruh Satker Koarmada III segera menindaklanjuti hasil temuan serta arahan dan saran yang telah disampaikan oleh Tim Audit Kinerja Itjen TNI. Satker Koarmada III senantiasa meningkatkan pengawasan melekat terhadap penyelenggaraan semua program dan kegiatan di jajarannya masing-masing, tegasnya.