Satgas FHQSU TNI Konga UNIFIL Menyelenggarakan Falcon Strike Exercise di Bulan Ramadhan

PriyonoRedaksi - Jumat | 31 Mei 2019 | WIB
Satgas FHQSU TNI  Konga UNIFIL Menyelenggarakan Falcon Strike Exercise di Bulan Ramadhan
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Satgas FHQSU TNI Konga UNIFIL Menyelenggarakan Falcon Strike Exercise di Bulan Ramadhan

Lebanon : Guna melatih cara mengatasi berbagai ancaman yang mungkin terjadi serta untuk meningkatkan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas di UNIFIL Head Quarter Naqoura, Satgas Force Head Quarter Support Unit (FHQSU) menyelenggarakan Falcon Strike Exercise.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas FHQSU sekaligus Dankontingen Garuda Kolonel Inf Aji Mimbarno, S.A.P dalam rilis nya pada hari Kamis (30/05/2019).

Diungkapkan Kolonel Inf Aji Mimbarno, S.A.P., Falcon Strike Exercise yang dilaksanakan di Bulan Suci Ramadhan ini diikuti oleh seluruh personel UNIFIL dan seluruh unit-unit kerja UNIFIL yang berlokasi di UNIFIL Head Quarter Naqoura.

"Bulan Puasa Ramadhan tidak menjadi halangan dalam melaksanakan latihan, karena tidak ada yang menjamin apakah di bulan Ramadhan ini tidak ada kemungkinan ancaman, gangguan maupun peningkatan eskalasi keamanan ataupun serangan dari negara yang sedang bertikai; tutur Dansatgas FHQSU Kolonel Inf Aji Mimbarno, S.A.P.

Dalam persiapan penyelenggaraan Falcon Strike Exercise dilakukan dalam 3 fase, diantaranya Fase 1 Preeliminary Exercise (Latihan Pendahuluan) yang mencakup Medical Training dan Signal Exercise (25-26 Mei 2019), Fase ke-2 Table Top Exercise yaitu pertemuan yang diikuti oleh perwakilan seluruh negara anggota UNIFIL dan seluruh Unit kerja UNIFIL yang berlokasi di UNIFIL HQ Naqoura pada tanggal 27 Mei 2019, dan Fase ke-3 adalah pelaksanaan Falcon Strike Exercise pada tanggal 30 Mei 2019.

Kegiatan Falcon Strike Exercise sendiri dilaksanakan dua kali pada hari yang sama, dimana pertama dilaksanakan pada pukul 10.00 LT dan pukul 20.15 LT.

Ditambahkan Kolonel Inf Aji Mimbarno, S.A.P. dalam skenario Falcon Strike Exercise disaat dibunyikan sirine di seluruh UNIFIL HQ yang menandakan sedang terjadi peningkatan eskalasi, seluruh personel UNIFIL baik militer maupun Sipil dengan menggunakan rompi anti peluru dan helm taktis segera memasuki shelter masing2. Sambil menunggu informasi dari zone leader masing-masing tentang perkembangan kondisi aman.

Selain daripada itu, Falcon Strike Exercise juga diskenariokan tentang terjadinya aksi protes dari masyarakat setempat yang berusaha memasuki UNIFIL HQ Naqoura, tetapi dengan sigap Indonesian FPC yang menjaga Main Gate UNIFIL HQ sektor Green Hill menutup gerbang dan berusaha menenangkan massa yang berusaha untuk masuk. Melalui proses mediasi perundingan, akhirnya Indo FPC berhasil menenangkan massa dan membubarkan massa yang berdemonstarasi.

Pelaksanaan Falcon Strike Exercise berjalan dengan baik, lancar dan aman, serta mendapat apresiasi dari para petinggi UNIFIL. Hal ini menjadi prestasi tersendiri bagi Kontingen Garuda yang berhasil menyelenggarakan Falcon Strike Exercise.