Program Kemitraan Bagi Masyarakat, TSM Gelar Pelatihan Pasar Modal bagi siswa SMA Muhammadiyah 25

PriyonoRedaksi - Senin | 24 September 2018 | WIB
Program Kemitraan Bagi Masyarakat, TSM Gelar Pelatihan Pasar Modal bagi siswa SMA Muhammadiyah 25
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Program Kemitraan Bagi Masyarakat, TSM Gelar Pelatihan Pasar Modal bagi siswa SMA Muhammadiyah 25

Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat, bukan hanya menjadi tanggung jawab mahasiswa, dosen (pendidik), serta orang - orang yang terlibat dalam proses pembelajaran (sivitas akademika), namun Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan tanggung jawab bersama.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat menurut Undang – undang tentang pendidikan tinggi, pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. dan Trisakti School of Management (TSM) terus menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakan, dengan berbagai kegiatan positif, ungkap Klemens Wedanaji P, SE. MM, Sekretaris Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management, saat ditemui media di ruang kerjanya.

Dalam program Kemitraan Bagi Masyarakat (PKM) Melalui PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (P3M) TSM, juga telah memberikan pelatihan khusus mengenai pasar modal bagi siswa SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamulang, yang digelar pada September 2018.

Menurut Klemens Wedanaji P, SE. MM bahwa kegiatan Workshop Pasar Modal dan stocklab pada siswa SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi dengan 47 siswa tersebut, digelar dalam 2 kali pertemuan, dengan Dosen Akuntansi serta Asisten Dosen yang telah memberikan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan model yang telah disusun sesuai materi ajar, yang mudah dipahami bagi siswa SMA. sehingga siswa siswi SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi memiliki kompetensi berupa pemahaman pengetahuan manajemen keuangan dasar serta pasar modal untuk pegal mereka setelah lulus dari SMA.

Diakui Klemens bahwa diera digital saat ini, siswa siswi SMA khususnya jurusan IPS sangat perlu untuk mengetahui tentang manajemen keuangan dan pasar modal sehingga pelatihan ini menjadi sangat penting bagi siswa SMA, bagaimana siswa-siswi mampu menguasai dasar-dasar pasar modal sehingga rasa percaya diri semakin meningkat untuk itu diharapkan para peserta bisa menularkan pengalaman atau pengetahuannya kepada siswa lain, pintanya.

Pelatihan Perancangan Bisnis Model Berbasis Teknologi bagi siswa SMA Thomas Aquino Tangerang

Dalam program kemitraan bagi masyarakat Trisakti School of Management juga telah menggelar pelatihan rancangan bisnis model berbasis teknologi bagi siswa SMA Strada St. Thomas Aquino Tangerang pada 15 Desember 2016, di mana kegiatan tersebut diikuti 111 siswa.

Workshop Bisnis plan, ini digelar untuk meningkatkan kompetensi siswa di bidang ekonomi khususnya kewirausahaan serta memotivasi siswa untuk memulai dan berani berusaha, dimulai sejak bangku SMA. semua kegiatan dilaksanakan di SMA Santo Thomas Aquino Tangerang dan diharapkan dapat meningkatkan kompetensi diri untuk bekal setelah lulus dari SMA karena kompetensi harus dimiliki yaitu kemampuan untuk memulai usaha mandiri sehingga pelatihan ini secara khusus tidak hanya memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan, tetapi lebih kepada bagaimana siswa dapat merancang sebuah model bisnis mengaplikasikannya dan mensinergikan dengan teknologi yang ada khususnya teknologi informasi, papar Klemens, W.P, SE.MM.(Nrl)