Guru SD di Tangerang Selatan Ikuti Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Di TSM

PriyonoRedaksi - Kamis | 26 Agustus 2017 | WIB
Guru SD di Tangerang Selatan Ikuti Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Di TSM
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Guru SD di Tangerang Selatan Ikuti Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Di TSM

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Ristek dan Dikti terus mendorong para guru dan dosen untuk melakukan penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah, untuk itu Trisakti School of Management Jakarta yang berada di bawah Yayasan Trisakti terus melakukan pembinaan khususnya terhadap guru agar memiliki kemampuan dalam penulisan karya tulis ilmiah (KTI).

Irwanto Handoyo SE MSi Waket 1 Bidang Akademik Trisakti School of Management pada wartawan menegaskan, bahwa TSM dalam program pengabdian Masyarakat kini terus membantu para guru sehingga pada Juli 2017 lalu telah menyelenggarakan kegiatan meningkatkan kompetensi guru SD di Tangerang Selatan melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah.

Kegiatan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah ini juga sebagai tindak lanjut kerjasamadengan beberapa sekolah di Ciledug Timur dan Pamulang Barat dalam mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan bagi para guru SD di Kecamatan Pamulang dalam mengembangkan diri secara optimal, bagaimana cara menuangkan ide kedalam karya tulis ilmiah dan aspek apa saja yang harus ada dalam karya tulis ilmiah tersebut. melalui pelatihan yang juga dengan menerapkan berbagai metode, agar guru dapat menulis KTI secara baik dan benar, papar Irwanto

lebih jauh dijelaskan bahwa guru memegang peranan penting dalam meningkatkan kompetensi diri untuk menjadi guru profesional, para guru dengan kompetensinya harus dapat menyampaikan informasi terkait dengan berbagai pemikiran dan penelitian yang dilakukan, untuk itu kegiatan pelatihan ini kita buat agar menarik untuk dilakukan di seluruh sekolah dasar, mengingat karya tulis ilmiah merupakan salah satu tugas yang harus dipenuhi para guru untuk mengukur kinerja yang dilakukan. sementara saat ini banyak guru yang kemampuan atau keterampilan menulis masih harus ditingkatkan keilmuannya, dimana karya tulis ilmiah merupakan salah satu indikator untuk mengukur kinerja guru yang tercantum dalam akreditasi sekolah.

Dan dengan menulis karya tulis ilmiah guru akan dapat mengaktualkan tataran komunikasi dan kognisi individu yang dimiliki efek positif lain yang diperoleh dalam penulisan karya tulis ilmiah, adalah terdorongnya motivasi berkembangnya kognisi berkembangnya interpersonal dan berkembangnya aspek sosial. dengan demikian guru akan memiliki pengalaman dalam menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan sehingga diharapkan juga dapat dikirim ke jurnal jurnal nasional maupun internasional, sehingga dapat diakses oleh pembaca.

Trisakti School of Management juga bersyukur kegiatan peningkatan kompetensi guru SD di Tangerang Selatan beberapa waktu lalu dapat diikuti oleh 33 guru SD dari Pamulang Barat dan Ciledug Timur. sementara narasumber yang kita tampilkan adalah prof Bejo Soejanto Mantan REKTOR UNJ, didampingi 5 dosen tetap TSM yang sudah dilaksanakan pada 26 Agustus 2017, paparnya. (Nk)