Peringatan 1 Tahun Perubahan Bentuk STMT Trisakti Menjadi ITL Trisakti

Nurul KRedaksi - Jumat | 08 Februari 2019 | WIB
judul]
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Peringatan 1 Tahun Perubahan Bentuk STMT Trisakti Menjadi ITL Trisakti, Sarana Membangun Semangat dan Tekad Menjadi World Class Institute

Institut Transportasi dan Logistik Trisakti (ITL Trisakti) yang berdirinya, didirikan Pada tahun 1970 dengan nama Akademi Angkutan Udara Niaga (AAUN) Trisakti, kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti (STMT Trisakti) dan pada 7 Februari 2018 lalu telah memperoleh ijin perubahan Bentuk menjadi Institut Transportasi dan Logistik Trisakti, dan pada Kamis 7 Februari 2019, seluruh jajaran ITL Trisakti menggelar acara Syukuran.

Disela acara tersebut, Rektor ITL Trisakti, Dr. Tjuk Sukardiman menegaskan, bahwa dalam mewujudkan ITL Trisakti sebagai World Class Institute dan menjadi Pusat Unggulan bagi penyelenggara pendidikan Transportasi dan Logistik di Indonesia maupun di ASEAN, ITL Trisakti juga sebagai satu-satunya Institut Transportasi dan Logistik dengan prodi-prodi yang terbagi di 3 (tiga) fakultas dan 2 (dua) Direktorat. Diantaranya Manajemen & Bisnis : Program Studi (Prodi) Sarjana Manajemen, dengan kekhasan Manajemen Transportasi Udara, Manajemen Transportasi Laut, Manajemen Transportasi Darat dan Manajemen Logistik Material.

Fakultas Science : Prodi Transportasi dan Prodi Logistik, Fakultas Teknik : Prodi Teknik Kedirgantaraan dengan kekhasan Kebandarudaraan, Prodi Kelautan dengan kekhasan Kepelabuhanan dan Prodi Rekayasa Infrastruktur & Lingkungan dengan kekhasan Perkeretaapian, sementara untuk Direktorat Pasasarjana : Prodi Manajemen Transportasi, Direktorat Vokasi : Prodi D.III Manajemen Transpomasi Udara, Prodi D.III Manajemen Transportasi Laut dan Prodi D.III Manajemen Logistik Material.

Selain kelas regular yang menggunakan medium Bahasa Indonesia untuk pembeIajaran di kelas ITL Trisakti juga memiliki kelas Internasional dengan menggunakan medium Bahasa Inggris. ITL trisakti tidak hanya menjadi pilihan Mahasiswa Indonesia, namun sejumlah Mahasiswa Asing dari Timor Leste, Malaysia, Korea Selatan dan Mesir sedang/telah menempuh pendidikan S1 dan S2 nya di ITL Trisakti.

ITL Trisakti aktif bekerjasama dengan Industri dan Universitas di dalam maupun Luar Negeri melalui dan menghasilkan beberapa program kerjasama seperti Program Pertukaran Pelajar ke beberapa Universitas partner di Luar Negeri, kehadiran Mahasiswa Asing baik yang belajar full time maupun meIalui program pertukaran mahasiswa, membuat suasana pembeIajaran yang bernuansa Internasional dan memberikan pengalaman belajar yang menarik untuk mahasiswa serta menjadi sarana meningkatkan jaringan mahasiswa ke kancah Internasional.

Untuk mendukung Pembangunan Nasional dalam penyediaan SDM/tenaga ahli dibidang Transportasi dan Logistik, ITL Trisakti juga memberikan kesempatan bagi Putra-putri terbaik di seluruh Provinsi, untuk bisa mengambil biasa siswa penuh (100 % gratis) maupun beasiswa 50%, dengan cukup mendaftar dan mengikuti seleksi melalui website itltrisakti.ac.id

Dan untuk menjadikan World Class Institute saat ini ITL Trisakti telah meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana, laboratorium maupun dosen, sebagaimana kebutuhan prodi baru tersebut, dan juga Metodologi pembelajaran dengan metode pengajaran DIGITAL yang sanggup mendidik Generasi Milenial yang Bereputasi Global melalui pendekatan Kepemimpinan dan Manajemen Transformasional.

ITL Trisakti juga telah menetapkan Capaian Proses Pembelajaran di ITL Trisakti, bagi segenap Sivitas Akademikanya termasuk Lulusannya / Alumninya untuk menjadi “SDM Unggul Berwawasan Kebangsaan, NKRI yang berkarakter Pancasila dan memiliki Kompetensi Transformasional Dalam Pengembangan dan Pembangunan Sektor Transportasi dan Logistik dengan Reputasi Global", tegas Dr Tjuk Sukardiman. (Nrl).