Kepala Bakamla RI Resmikan Kapal RIB (Rigid Inflatable Boats)

PriyonoRedaksi - Senin | 26 November 2018 | WIB
judul]
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Kepala Bakamla RI Resmikan Kapal RIB (Rigid Inflatable Boats)

Jakarta, 26 November 2018 (Humas Bakamla RI) - Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Ka Bakamla RI) Laksdya TNI A. Taufiq R,  meresmikan 4 kapal RIB untuk masuk dijajaran Bakamla RI. Acara tersebut berlangsung di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT2) Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (26/11/2018).

Peresmian RIB Bakamla RI ditandai dengan pemotongan pita oleh Kabakamla RI.

Dalam sambutannya Kepala Bakamla RI mengatakan secara administrasi kapal RIB saya resmikan karena sudah kontrak tetapi saya menekankan kepada pihak penyedia untuk dilakukan pelatihan kepada personel Bakamla dalam penguasaan RIB ini, kapal yang hebat akan percuma kalau personel belum menguasai penuh, oleh karena itu saya harap pihak penyedia untuk dapat melatih personel Bakamla sampai betul-betul menguasai RIB ini dari segi operasional maupun perawatannya dari hari ini. Kapal RIB berjumlah 4 unit, 2 unit berukuran 6 meter yang sudah ditempatkan di Batam dan 2 unit berukuran 11 meter yang ini ditempatkan di Tanjung Priok guna pengamanan pelabuhan Tanjung Priok hanya menjadi bahan pemikiran kita untuk penempatan kapal ini karena tidak mungkin RIB ini diletakkan di darat perlu koordinasi dan kerjasama dengan pihak pelabuhan Tanjung Priok,ucapnya.

Kapal RIB Bakamla RI dibangun oleh PT. Avenir. Kapal memiliki panjang seluruhnya (L.O.A) 11,5 meter, panjang dalam (L inside) 10,15 meter, lebar (B) max 2,88 meter, lebar dalam (B inside) 1,8 meter, Tube diameter 55-60 cm, max capacity Weight 2.000 - 2.100 kg, engine 2 x 350 Hp, fuel tank 700 liter, anti peluru tipe NIJ III ++ SS109, marine radio, radar + GPS + echosonder, life jacket, parasut signal. RIB ini memiliki daya jelajah dengan kecepatan sampai 40 knot dan maksimal diawaki 20 personel.

Sebelum diserahkan kapal RIB sudah melewati berbagai uji seperti dock trial, sea trial dan uji tembak Kapal dengan senjata SS1 dengan jarak 30 meter, 20 meter dan 10 meter.

Kehadiran Kepala Bakamla RI pada acara peresmian tersebut didampingi Direktur Operasi Laut Bakamla Laksma TNI Nur Syawal Embun, Direktur Operasi Udara Bakamla Laksma TNI Guntur Wahyudi, Kepala Biro Sarpras Laksma TNI Amrein, S.E., dan Kepala Unit Penindakan Hukum Brigjen Pol Drs. Hariadi,S.H. Hadir juga Direktur Utama PT. Avenir Irwan Hakiki Yulianto, ST., Teknis PT. Avenir Mr.Lee dan Herry, serta undangan lainnya.

Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono