Prof Gautam Kumar Berikan Orasi Pada Wisuda Sarjana ke-66 Unindra

PriyonoRedaksi - Kamis | 15 November 2018 | WIB
Prof Gautam Kumar Berikan Orasi Pada Wisuda Sarjana ke-66 Unindra
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Prof Gautam Kumar Berikan Orasi Pada Wisuda Sarjana ke-66 Unindra

Sebagaimana biasa dalam setiap Pelepasan Mahasiswa yang telah menyelesaikan tugas akademik dengan upacara Wisuda, yang digelar di Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah, Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) selalu memberikan bekal pada Wisudawan dengan Orasi Ilmiah, dan pada Rabu 14 November 2018, pada kegiatan akademik yaitu pelaksanaan Wisuda ke 66 tahun akademik 2017-2018 Semester genap, Orasi Ilmiah disampaikan oleh Prof Gautam Kumar dosen Jawaharlal Nehru University New Delhi, India.

Dalam orasi ilmiah prof Gautam Kumar menegaskan bahwa Indonesia dan India memiliki kesamaan tentang budaya, hal tersebut disebabkan karena pengaruh budaya India pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit, di mana kedua kerajaan tersebut memiliki hubungan perdagangan yang erat dengan kerajaan di India. disamping itu budaya Indonesia saat ini yang masih tumbuh dan berkembang seperti Wayang dalam cerita Ramayana dan Mahabharata adalah bukti adanya budaya Indonesia dari pengaruh budaya India.

Kami yakin dengan kekuatan budaya yang telah memperkuat identitas negara tersebut, mampu mencegah dari konflik dan bisa saling menghormati budaya satu dengan yang lain, untuk itulah dengan latar belakang tersebut terjadi kolaborasi Unindra dengan Universitas Jawaharlar Nehru New Delhi India, ungkapnya.

Sementara dalam sambutannya, dalam acara sidang terbuka senat Unindra, yang dipimpin langsung rektor Unindra merangkap senat universitas dalam sambutannya rektor Unindra Prof H Sumaryoto menegaskan bahwa mahasiswa yang diwisuda hari ini terdiri dari 100 mahasiswa Program Pascasarjana, dan 1.027 mahasiswa Program Sarjana S1. dan total wisudawan berjumlah 1.127 orang.

Prof Sumaryoto juga menegaskan bahwa hadirnya Prof Gautam Kumar dari Jawaharlal Nehru University (NJU) India adalah bentuk kerjasama dengan Universitas Negri terbesar di India yaitu NJU, Dimana sebelumnya Prof Gautam Kumar turut menjadi pembicara dalam Seminar Internasional di Unindra, demikian juga kita mengikuti Seminar Internasional di India, dan hari ini prof Gautam Kumar membawakan Orasi Ilmiah pada Wisuda ke 66 ini.

Disamping itu Tim Kesenian Unindra juga sudah tampil di NJU India, ini semua wujud kerjasama yang akan terus dikembangkan, kalau saat ini mahasiswa NJU sudah ada yang kuliyah di Unindra, kedepan kita akan mengirim mahasiswa dan dosen ke NJU, kerjasama juga akan ditingkatkan juga dalam bidang penelitian serta pengembangan budaya, paparnya.

Sementara LL DIKTI Wilayah III Jakarta yang diwakili Bidang SDM Perguruan Tinggi LL Dikti, Sudadi berkesempatan mengucapkan Selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan proses pembelajaran di Unindra, Wisuda ini merupakan hasil perjuangan selama menempuh pendidikan di Unindra, dan ini sebagai awal dari kehidupan baru untuk berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat. dimana gelar sarjana yang diperoleh merupakan bentuk kepercayaan dari Pemerintah maupun masyarakat untuk berkarya, dan LL Dikti juga mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika Unindra yang terus memperbaiki pendidikan secara terus menerus serta mengikuti perkembangan teknologi yang terus berubah dan berdampak pada proses pendidikan tinggi karena perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat pesat ini memang tidak bisa dibendung lagi, juga pergantian nama dari Kopertis menjadi LL Dikti, juga diharapkan akan dapat lebih berperan lagi dalam memberikan pelayanan terbaik untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi khususnya di wilayah III Jakarta ungkapnya. (NRL)