Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Hadiri The 11th China-ASEAN Education Cooperation Week

PriyonoRedaksi - Selasa | 11 September 2018 | WIB
judul]
FOTO : PERNUSA / ISTIMEWA

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Hadiri The 11th China-ASEAN Education Cooperation Week

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti berkesempatan menghadiri The 11th China-ASEAN Education Cooperation Week (CAECW) yang diselenggarakan di Guiyang, Provinsi Guizhou, Cina. Undangan dari Sekretaris Jenderal Panitia CAECW tersebut di hadiri oleh Ketua Yayasan Trisakti Dr. Djanadi Bimo Prakoso, MPA, M.Sc. serta Ketua STP Trisakti, Fetty Asamaniati, SE., MM dan Nurima Rahmitasari, M.Si.Par.

Ajang tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2008 tersebut dan sudah masuk tahun ke 11, menjadi platform penting bagi hubungan kerjasama antara negara-negara di Cina dan ASEAN untuk mengembangkan kerjasama pendidikan dan budaya yang saling menguntungkan, juga memberikan kesempatan besar untuk pertukaran pendidikan dan budaya.

Hal yang membanggakan juga STP Trisakti bersama dengan Wuxi Teknologi Instititut China menerima Penghargaan Internasional yaitu Awarding of First Group of China-ASEAN 100+100 Institutional Cooperation Flagship Programs yang mana baru pertama kali diprakarsai. Penghargaan diberikan untuk 20 Program Unggulan yang dipilih di antara 100 Lembaga Pendidikan dari Cina dan 100 nominasi Lembaga Pendidikan dari Asia Tenggara. Penghargaan kepada Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati, SE,MM diberikan langsung oleh Sekretaris Jenderal China-ASEAN Education Cooperation Week.

Pada kesempatan ini Ketua STP Trisakti, Fetty Asamaniati, SE,MM juga menjadi pembicara dengan memberikan paparan mengenai visi STP Trisakti secara global yaitu "To become a tourism tertiary education institute with quality global and center of excellence in Tourism and Hospitality in ASEAN and Global".

Bagaimana cikal awal kerjasama dengan Wuxi Institute of Technology, China diprakarsai dan dilanjutkan dengan penerapan program-program seperti program reciprocal mahasiswa antara STP Trisakti dan Wuxi Institute of Technology, serta pengiriman mahaiswa STP Trisakti ke Wuxi Institute of Technology, China di tahun 2017 dan pada 2018 ini akan mengirimkan 29 mahasiswa Diploma IV Perhotelan.

Kesuksesan program lainnya adalah ketika STP Triskati bekerjasama dengan Wuxi Institute of Technology dan bekerjasama dengan HILDIKTIPARI untuk mengadakan Joint Conference dengan tyema "The 4th International Conference on Tourism and Hospitality" di Wuxi, China pada Oktober 2017. Dan tentunya tantangan kedepannya adalah penerapan program lainnya seperti penelitian gabungan dan publikasi ilmiah bersama.(Red)